Pengusaha Properti Wajib Tahu tentang Pajak yang Dikenakan Atas Bisnis Properti

Pengusaha Properti Wajib Tahu tentang Pajak yang Dikenakan Atas Bisnis Properti

Jasa Konsultasi Pajak – Pajak properti adalah salah satu pajak yang diterapkan di Indonesia dari sekian jenis pajak yang ada. Baik seorang badan atau individu yang mempunyai bisnis properti, tentu saja akan membutuhkan bantuan jasa konsultan pajak untuk melakukan perencanaan strategi perpajakannya. Supaya lebih efisien dan tepat untuk mengelola keuangan pribadi mereka.

Pada umumnya, mempunyai investasi properti pada jangka panjang dan jangka menengah, menjadi hal yang wajib dan menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang. Selain sebagai sebuah kepemilikan, properti ini pun dapat dimanfaatkan sebagai sarana bisnis.

Dengan keadaan seperti saat ini, permintaan properti selalu ada dan penyediaannya yang relatif terbatas, maka bisnis properti ini mulai ada dan banyak diinginkan. Bisnis properti seperti ini, juga memiliki peran penting untuk menopang peningkatan perekonomian di Indonesia. Bukan hanya di berbagai kota besar, mulai dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota besar lainnya, adanya fenomena bisnis properti di Indonesia pada saat ini juga semakin ramai dan berkembang dibicarakan.

Bahkan tidak jarang kota kecil yang tersebar di seluruh Indonesia, juga sudah ada yang memiliki bisnis properti. Fenomena maraknya kemunculan bisnis seperti ini, disebabkan karena harga tanah di daerah perkotaan besar semakin meningkat pesat.

Tak hanya itu saja, tetapi dari sudut pandang peluang bisnis, bidang properti ini muncul karena adanya ledakan konsumen. Dengan begitu pengembang bisnis lebih memilih untuk menetapkan satu fokus pada hunian vertikal untuk mengoptimalkan lahan.

Dapat dipastikan bahwa para pengusaha properti penting untuk melakukan pertimbangan pembatasan pasar yang mungkin saja terjadi, supaya persaingan pasar properti lebih kompak dan sehat. Kebijakan perbankan yang mendorong untuk investasi di bidang properti pun makin memudahkan para pebisnis untuk menjual produk propertinya. Yang perlu digaris bawahi adalah bahwa setiap transaksi dalam bisnis tersebut, akan dibebankan pajak properti.

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Seperti Apa Kepatuhan dan Kriteria Faktur Pajak yang Lengkap

Terdapat dua komponen penting yang ada pada transaksi jual beli properti, yaitu objek dan subjek pajak. Objek pajak adalah properti itu sendiri, sedangkan subjek pajak adalah yang terdiri dari penjual dan pembeli. Penjual properti dibebankan pajak, sebab menerima uang dan transaksi jual beli dari properti itu sendiri.

Sedangkan pembeli dibebankan pajak Karena melakukan penerimaan barang dan hak dari properti. Sederhananya, ketika Anda sebagai pelaku usaha properti dan juga saat Anda membeli sebuah properti, maka Anda harus melakukan pembayaran pajak kepada kas negara. Lantas, apa saja jenis pajak properti yang dibebankan pada jenis properti seperti ini?

PPh Pajak Properti Final

Pajak Penghasilan atau PPh sehubungan dengan Pengalihan Hak Atas Tanah dan Bangunan, yaitu pajak yang dibebankan dengan tarif dan dasar pengenaan pajak tertentu terhadap pendapatan yang diterima selama tahun pajak berjalan.

Kewajiban pajak, seperti pemotongan, pembayaran atau pemungutan pajak penghasilan Final yang dipungut pihak lain atau yang dibayarkan sendiri bukan termasuk pembayaran dimuka atas pajak penghasilan terutang, namun adalah pelunasan pajak penghasilan terutang atas penghasilan itu sendiri, sehingga wajib pajak dianggap sudah melunasi kewajiban perpajakannya.

Pajak Bumi Bangunan Pajak Properti

Pajak Bumi Bangunan yang dipungut atas bangunan dan tanah, sebab terdapat keuntungan maupun kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik, untuk wajib pajak badan atau orang memiliki sebuah hak terhadapnya maupun memperoleh manfaat hal tersebut. Besarnya Pajak Bumi Bangunan ini adalah pajak yang tergantung lokasi, dapat dilihat di SPT Terutang PBB. Supaya individu atau badan lebih mudah mengelola pajaknya, maka konsultan pajak Jakarta hadir untuk membantu mengatasi permasalah pajak yang dimiliki.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags