Ketahui Perbedaan dari Penghindaran Pajak dan Penggelapan Pajak

Ketahui Perbedaan dari Penghindaran Pajak dan Penggelapan Pajak

Konsultan Pajak Jakarta – Pajak merupakan instrumen yang sangat penting untuk perekonomian negara. Pajak dipergunakan untuk mendanai berbagai layanan publik, seperti pendidikan, infrastruktur, dan kesehatan. Tetapi, sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak semua orang senang untuk melakukan kewajiban perpajakan.

Tidak jarang terdapat beberapa pihak yang mencoba untuk melakukan penghindaran pajak, sedangkan beberapa pihak lainnya bahkan jauh lebih parah dengan melakukan penggelapan pajak. Sebagai wajib pajak badan sangat penting untuk tidak melakukan salah satu dari kedua hal tersebut karena bisa membahayakan perusahaan, salah satu solusinya Anda bisa memanfaatkan jasa konsultan pajak Jakarta.

Dengan bantuan layanan jasa seperti ini, perusahaan anda pasti bisa menghemat pengeluaran untuk pajak, sekaligus terhindar dari berbagai sanksi yang ada dan membuat perusahaan anda tetap bisa berjalan. Ulasan berikut ini akan membahas mengenai penghindaran pajak dan penggelapan pajak dengan lebih detail.

Penghindaran Pajak

Penghindaran pajak merupakan praktik yang legal untuk dilakukan, yang mana tujuannya adalah meminimalkan Jumlah penyetoran pajak dari entitas wajib pajak. Hal ini melibatkan beberapa hal, mulai dari pengecualian pajak, pemotongan pajak, dan kredit pajak yang memang telah tersedia dalam undang-undang perpajakan.

Penghindaran pajak ini merupakan praktik yang umum di kalangan wajib pajak individu maupun wajib pajak badan. Seperti halnya sebuah bisnis yang memilih untuk melakukan investasi pada obligasi munisipal yang tidak dibebankan pajak di dalamnya, hal tersebut Tujuannya adalah untuk mengurangi kewajiban pajak perusahaan.

Kendati demikian, penghindaran pajak yang legal untuk dilakukan ini bisa menjadi suatu hal yang kontroversial. Ada banyak Pendapat yang menyatakan bahwa tidak adil untuk setiap individu dan perusahaan yang memiliki harta berlebih Untuk memanfaatkan celah pajak seperti penghindaran pajak ini, karena bagaimanapun juga peraturan perundang-undangan pajak telah dibuat dengan regulasi yang seadil mungkin. Terdapat pendapat orang lain pula, jika penghindaran pajak ini dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi.

Baca Juga: Wajib Tahu Penyebab dan Cara Menangani Sengketa Pajak Secara Efektif

Penggelapan Pajak

Secara umum penggelapan pajak yang dilakukan oleh suatu entitas ini merupakan hal yang ilegal. Karena hal tersebut melibatkan kesengajaan untuk melakukan pelaporan pendapatan yang lebih rendah, potong dengan melebih-lebihkan potongan, bahkan hingga tidak melakukan pelaporan pajak atau pelaporan pendapatan sama sekali. Tentu saja penggelapan pajak ini secara otomatis termasuk dalam kejahatan serius yang bisa mengakibatkan hukuman, denda, bahkan hingga penjara. Berikut ini adalah beberapa kasus umum penggelapan pajak, antara lain:

  • Melakukan klaim potongan atau kredit pajak palsu
  • Tidak melakukan pelaporan atas seluruh pendapatan yang didapatkan
  • Gagal untuk melakukan pengajuan pengembalian pajak
  • Melakukan penyembunyian aset dari rekening luar negeri.

Perlu diketahui bahwa penggelapan pajak merupakan permasalahan yang serius untuk pemerintah maupun otoritas perpajakan di seluruh dunia. Bahkan diperkirakan jika penggelapan pajak ini menjadi akibat dari kerugian miliaran dolar, untuk para pemerintah Amerika Serikat setiap tahunnya. Sehingga, antara penghindaran pajak dan penggelapan pajak ini sebenarnya merupakan dua hal yang jauh berbeda. Anda bisa melakukan penghindaran pajak secara legal dengan bantuan konsultan pajak Jakarta.

Karena pastinya konsultan pajak akan lebih paham mengenai potongan-potongan apa saja yang bisa dikecualikan untuk pembayaran pajak perusahaan. Sedangkan, untuk penggelapan pajak sendiri jangan sampai perusahaan melakukan hal seperti ini karena merupakan hal yang ilegal dan kemungkinan akan membahayakan perusahaan anda. Sangat penting untuk memahami secara mendasar perbedaan dari kedua praktik pajak tersebut.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags