Kenali Apa itu Supertax Deduction untuk Mendapatkan Insentif Pajak

Kenali Apa itu Supertax Deduction untuk Mendapatkan Insentif Pajak

Konsultan Pajak Jakarta – Sebagai wajib pajak yang ingin selalu menaati kebijakan perpajakan tetapi bingung bagaimana cara untuk melakukan kewajiban, Anda bisa memanfaatkan konsultan pajak Jakarta. Karena konsultan pajak Jakarta seperti ini akan membantu anda untuk menyelesaikan segala urusan perpajakan. Sebagai wajib pajak, juga tidak kalah penting untuk mengetahui berbagai regulasi perpajakan yang ada supaya tidak tertinggal informasi tentang dunia perpajakan. Seperti halnya peningkatan faktor teknologi dan kualitas sumber daya manusia, pastinya sangat memerlukan bantuan dan keterlibatan sektor swasta.

Supaya bisa memaksimalkan berbagai faktor ini, salah satunya yaitu dengan melakukan pendorongan pada aktivitas penelitian dan pengembangan atau litbang. Bukan hanya itu saja, terdapat hal lain hal yang juga bisa dilakukan, yaitu meningkatkan kompetensi SDM yang sesuai dengan keperluan industri pada saat ini.

Penting untuk diketahui bahwa sebagai wajib pajak memiliki hak untuk mendapatkan pemotongan pajak ketika ingin melakukan pelaporan dan pembayaran pajak ke kas negara. Maka dari itu, pemerintah atau Dirjen pajak melakukan penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) No. 45 Tahun 2019 yang mengatur tentang pemberian insentif super tax deduction.

Apa itu Supertax Deduction?

Istilah supertax deduction tidak jarang diartikan sebagai insentif untuk pengurangan pajak yang bersifat super atau besar. Insentif tersebut adalah insentif yang diberikan pada wajib pajak yang mempunyai keterkaitan dalam melakukan program pendidikan vokasi maupun yang melakukan aktivitas penelitian maupun pengembangan yang seringkali disingkat dengan Litbang, yang mana akan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 45 Tahun 2019, pada umumnya pemberian insentif yang berupa supertax deduction tersebut akan diperlukan pada dua golongan aktivitas. Aktivitas tersebut adalah vokasi dan Litbang.

Apa Tujuan Diberikan Supertax Deduction?

Pemerintah menerapkan dan memberikan insentif tersebut bukanlah tanpa alasan sama sekali. Terdapat berbagai tujuan yang ingin dicapai oleh pemerintah, antara lain:

  • Insentif ini diberikan yang tujuannya adalah untuk mendukung investasi pada industri padat karya.
  • Memberikan dukungan pada program penciptaan lapangan kerja yang semakin luas.
  • Membantu penyerapan tenaga kerja di Indonesia yang semakin optimal
  • Mendorong supaya Indonesia terlibat dalam dunia usaha dan dunia industri dalam persiapan SDM yang berkualitas.
  • Dengan insentif pajak seperti ini, Pemerintah berharap dapat meningkatkan daya saing dan mendorong peran dunia industri dalam melakukan aktivitas vokasi dan Litbang.

Baca Juga: Repatriasi Harta: Langkah Strategis Wajib Pajak untuk Berkontribusi Terhadap Bangsa

2 Jenis Supertax Deduction

Perlu diketahui bahwa insentif superteks deduction tersebut dapat digolongkan menjadi dua jenis, yakni untuk aktivitas vokasi dan Litbang. Berikut ini adalah sedikit penjelasannya:

Supertax Deduction Vokasi

Fasilitas super text deduction untuk ke aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan vokasi, merupakan insentif pajak yang diberikan untuk wajib pajak badan dalam negeri yang melangsungkan praktik kerja, pemagangan, atau pembelajaran sebagai upaya pembinaan dan pengembangan SDM yang berbasis pada kompetensi tertentu. Apabila dalam penerapannya Anda kebingungan untuk menerapkan insentif pajak ini, Anda bisa meminta saran atau bantuan dari konsultan pajak Jakarta.

Supertax Deduction Litbang

Sementara itu, insentif super text deduction diberikan untuk aktivitas Litbang, yang merupakan sebuah insentif bagi wajib pajak badan dalam negeri yang melangsungkan aktivitas penelitian dan pengembangan tertentu dalam ruang lingkup negara Indonesia. Litbang adalah penelitian dan pengembangan yang merupakan aktivitas yang dilaksanakan berdasar metodologi penelitian yang tujuannya adalah mendapatkan data dan informasi yang berhubungan dengan pemahaman fenomena sosial maupun fenomena alam.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags