Solutif Mengatasi Masalah Pengelolaan Bukti Potong Pajak untuk Wajib Pajak Badan

Solutif Mengatasi Masalah Pengelolaan Bukti Potong Pajak untuk Wajib Pajak Badan

Jasa Pajak – Terdapat salah satu kendala yang seringkali dihadapi oleh wajib pajak badan untuk melakukan kewajiban perpajakannya, yaitu pengumpulan bukti potong dari sebuah transaksi. Atau lebih tepatnya adalah ketika mengelola PPh atau pajak penghasilan. Kendala seperti ini akan menyebabkan kesulitan untuk mengumpulkan bukti potong pendapatan perusahaan.

Sehingga pada akhirnya bisa memunculkan risiko pada arus kas perusahaan, seperti contohnya perusahaan perlu membayar pajak yang lebih besar atau bahkan hingga tidak bisa melakukan rekonsiliasi data keuangan dengan tepat. Untuk itu, di sini layanan mengurus pajak Jakarta akan sangat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan perpajakan perusahaan.

Mengelola Bukti Potong Penting untuk Sebuah Perusahaan

Memang gampang-gampang susah, untuk melakukan pengelolaan pada bukti potong perusahaan. Bukti potong ini sendiri adalah sebuah dokumen yang akan menjadi sebuah bukti bahwa suatu penghasilan atau pendapatan yang sudah dipotong dengan pajak penghasilan, seperti halnya pajak penghasilan pasal 26 atau pajak penghasilan pasal 23, yang dilakukan sesuai dengan kebijakan pajak yang diberlakukan. Bukti potong ini diterbitkan atau dibuat pada saat pihak penerima jasa memotong penghasilan, lalu akan mengirimkannya pada pihak pemberi jasa sebagai sebuah bukti bahwa pajak terhadap penghasilan atau pendapatan ini telah dipotong.

Apa yang Terjadi Jika Tidak Mengelola Bukti Potong Pajak?

Pihak pemberi jasa perlu melakukan pengumpulan bukti potong ini, supaya bisa melakukan pengkreditan pajak di surat pemberitahuan tahunan wajib pajak badan. Penerbitan bukti potong ini tentu saja bisa mengurangi besaran pajak yang dipungut oleh suatu perusahaan. Apabila tidak melakukan pengumpulan dan pengelolaan bukti potong, maka perusahaan atau Pemberi Jasa ini akan mengalami berbagai risiko bisnis, diantaranya:

  • Karena tidak mempunyai bukti potong sebagai dokumen yang mencantumkan pemotongan pajak terhadap penghasilan yang diterima, maka proses rekonsiliasi pada suatu perusahaan tersebut tidak berjalan dengan maksimal.
  • Karena tidak bisa mengkreditkan pajak dari bukti potong yang tidak dikumpulkan dengan baik, maka sebuah perusahaan harus melakukan pembayaran pajak yang lebih besar dibandingkan seharusnya.
  • Karena tidak menunjukkan lengkapnya berbagai dokumen dari alur transaksi yang sudah berjalan, maka perusahaan dianggap tidak siap untuk diaudit.
  • Karena tidak bisa mengelola bukti potong dengan baik, maka kepatuhan pajak sebuah perusahaan akan terhambat berjalan.

Baca Juga: Optimalisasi Kewajiban Pajak Bisnis dengan Layanan Pengurusan Pajak yang Profesional

Alasan Mengapa Sulit untuk Mengelola Bukti Potong Pajak

Beberapa perusahaan mengalami kesulitan untuk melakukan pengelolaan bukti potong pajak penghasilan. Hal ini akan berakibat pada bisnis yang menghadapi berbagai risiko yang telah disebutkan sebelumnya. Inilah alasan mengapa sebuah perusahaan sangat penting untuk memanfaatkan jasa konsultan pajak Jakarta.

Pastinya layanan jasa seperti ini memiliki solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan pajak yang ada dengan baik, tentunya sesuai dengan regulasi yang ada. Sebenarnya, apa saja tantangan maupun kesulitan yang dihadapi ketika mengelola bukti potong pajak penghasilan?

  • Adanya kesenjangan yang terjadi karena tiap pihak bisa menggunakan sistem yang berbeda dalam melakukan transaksi, hal ini berakibat pada adanya masalah dalam mengumpulkan atau mengirimkan bukti potong.
  • Transaksi yang dilakukan secara berbeda, misalnya dilakukan secara manual atau digital, sehingga terjadi kendala atau keterlambatan ketika mengumpulkan bukti potong.
  • Pihak penerima jasa teledor atau lupa untuk melakukan pengiriman bukti potong pajak dengan tepat waktu.
  • Pihak pemberi jasa lupa untuk mengirimkan pengingat pada lawan transaksi agar dengan segera melakukan pengiriman bukti potong pajak.
  • Kesulitan tim ketika melakukan audit atau untuk keperluan pelaporan pajak, karena penyimpanan bukti potong yang dilakukan dengan cara manual.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags