Wajib Tahu Penyebab dan Cara Menangani Sengketa Pajak Secara Efektif

Wajib Tahu Penyebab dan Cara Menangani Sengketa Pajak Secara Efektif

Konsultasi Pajak – Sengketa pajak adalah permasalahan yang timbul di dunia perpajakan dan terjadi antara wajib pajak atau penanggung pajak dengan pejabat, yang memiliki wewenang sebagai akibat mengeluarkannya keputusan yang dapat diajukan gugatan maupun banding, pada pengadilan pajak yang berdasar pada peraturan perundang-undangan pajak. Juga termasuk gugatan yang disebabkan oleh penagihan berdasar undang-undang penagihan pajak yang menggunakan surat paksa.

Semua wajib pajak pastinya ingin menghindari hal seperti sengketa pajak ini. Tetapi terkadang, ada kalanya bahwa sengketa pajak ini memang harus dihadapi oleh wajib pajak. Supaya lebih mudah untuk menghadapi persengketaan pajak seperti ini, anda bisa memanfaatkan layanan mengurus pajak Jakarta yang profesional.

Layanan jasa seperti ini pastinya akan membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan dalam sengketa pajak, karena memang mereka adalah orang-orang yang ahli di bidang perpajakan. Membahas tentang sengketa pajak, sebenarnya pengadilan pajak sudah mengaturnya dalam UU Nomor 14 Tahun 2002 yang mana di dalamnya adalah mengenai penyelesaian sengketa pajak.

Apa yang Menyebabkan Sengketa Pajak?

Munculnya sengketa pajak ini pada umumnya disebabkan karena terdapat kebijakan pajak yang dikeluarkan oleh DJP berdasar pada kewenangan yang diberikan undang-undang. Tetapi, dikarenakan wajib pajak merasa tidak puas, maka mereka memiliki hak untuk mengajukan upaya hukum sesuai dengan undang-undang Nomor 14 Tahun 2022 mengenai pengadilan pajak.

Sengketa pajak bisa terjadi biasanya disebabkan oleh pemungutan pajak yang tidak sesuai dengan kebijakan perpajakan yang ada, sehingga bisa memicu adanya perbedaan perhitungan pajak maupun perbedaan interpretasi antara wajib pajak dengan otoritas pajak.

Perbedaan pemahaman terdapat sebuah kebijakan ini biasanya bisa terjadi, sebab kebijakan tersebut terdapat dalam grey area dan belum pasti, maupun kebijakan tersebut yang merupakan multitafsir. Apabila tidak ada pedoman yang jelas dari kebijakan tersebut, maka otoritas pajak akan melakukan diskresi untuk menentukan seperti apa tindakan hukum terhadap sebuah kasus pajak yang sedang dihadapi.

Pada satu sisi, diskresi sudah memberikan kepastian hukum untuk Kasus yang sudah dihadapi pada saat itu. Lalu, diskresi juga dapat menjadi penyebab adanya perbedaan pelaku untuk wajib pajak.

Di samping itu, pada saat kebijakannya bersifat multitafsir, tidak jarang terdapat situasi yang mana pemungut pajak dan otoritas pajak ini mempunyai posisi yang berbeda dalam penerapan ketentuannya. Sehingga, kedua belah pihak pasti sama-sama mempertahankan Bagaimana pendapat dan posisinya masing-masing.

Baca Juga: Ingin Mengajukan Restitusi Pajak? Wajib Ketahui Beberapa Hal Berikut Ini

Ketika kondisi seperti ini tidak adanya pemahaman yang sama dan tidak ditemukan kesepakatan, maka permasalahan seperti ini dapat diselesaikan melalui pengadilan pajak. Selain itu, sengketa dalam perpajakan ini juga biasanya terjadi pada saat proses pembuatan ketentuan pajak yang tidak partisipatif.

Bagaimana Cara Mengatasi Sengketa Pajak?

Sebagai upaya untuk mencegah sengketa pajak secara efektif dan efisien sangat penting untuk dilakukan, supaya tidak terjadi penumpukan dan permasalahan sengketa yang secara terus-menerus terjadi.

Melibatkan Pihak Ketiga

Pihak ketiga yang mempunyai izin resmi adalah konsultan pajak. Melibatkan konsultan pajak Jakarta yang telah profesional dan memiliki segudang pengalaman, tentunya bisa membantu untuk melakukan perencanaan pajak yang efisien, sekaligus mencegah terjadinya sengketa pajak. Tetapi, konsultan pajak juga bisa membantu anda untuk menyelesaikan sengketa pajak.

Melakukan Sosialisasi

Karena kebijakan perpajakan bisa sewaktu-waktu berubah tergantung kondisi dan situasi. Maka otoritas pajak maupun pemerintah dapat memberikan sosialisasi untuk wajib pajak yang dilakukan terus-menerus dan berkelanjutan.

Memberikan Pelatihan pada Pegawai

Bukan hanya wajib pajak saja yang perlu mendapatkan pelatihan atau sosialisasi, tetapi petugas yang mengelola perpajakan juga membutuhkan pembinaan dengan berkelanjutan. Dengan adanya pelatihan seperti ini, pastinya akan menjadikan petugas pajak yang semakin paham dengan produk hukum atau peraturan dan semakin menyesuaikannya dengan keadaan.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags