Ketahui Kedua Jenis dan Metode Pemeriksaan Pajak untuk Wajib Pajak Badan

Ketahui Kedua Jenis dan Metode Pemeriksaan Pajak untuk Wajib Pajak Badan

Jasa Konsultan Pajak – Pemeriksaan pajak adalah suatu prosesi aktivitas yang dilakukan untuk melakukan penghimpunan dan pengolahan data keterangan, maupun bukti yang dilakukan secara profesional dan objektif yang berdasarkan pada sebuah standar pemeriksaan, yang mana tujuannya adalah untuk melakukan pengujian terhadap kepatuhan dalam memenuhi kewajiban pajak, serta untuk tujuan lainnya sebagai upaya pelaksanaan ketentuan kebijakan perundang-undangan pajak.

Sebagai perusahaan yang berperan sebagai wajib pajak badan, maka sangat penting untuk mengetahui hal seperti ini supaya nantinya akan lebih siap apabila terdapat pemeriksaan pajak. Supaya terhindar dari berbagai sanksi pajak yang ada, perusahaan bisa memanfaatkan layanan mengurus pajak Jakarta.

Apa Tujuan Pemeriksaan Pajak?

Perlu diketahui bahwa pemeriksaan pajak ini dilakukan bukan tanpa alasan, namun terdapat dua tujuan utama dari pemeriksaan pajak, antara lain:

  • Melakukan pengujian kepatuhan terhadap pemenuhan kewajiban pajak yang harus dilaksanakan, apabila wajib pajak melakukan pengajuan permohonan restitusi yang sesuai dengan ketentuan tercantum dalam undang-undang ketentuan umum perpajakan pasal 17 B.
  • Terdapat tujuan lain yang terdiri dari, penghapusan Nomor Pokok Wajib Pajak, pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak secara jabatan, pencabutan pengukuhan maupun pengukuhan PKP, wajib pajak yang melakukan pengajuan keberatan, pengumpulan bahan untuk menyusun norma perhitungan penghasilan neto, penentuan satu maupun lebih untuk tempat terutang PPN, pemeriksaan dalam rangka untuk penagihan pajak, dan untuk memenuhi permintaan informasi dari negara mitra atas perjanjian penghindaran pajak berganda.

2 Jenis Pemeriksaan Pajak

Ada dua jenis pemeriksaan pajak yang umum dilakukan, diantaranya:

  • Pemeriksaan pajak lapangan, di mana merupakan pemeriksaan pajak yang dilakukan pada tempat kedudukan atau tempat tinggal wajib pajak, tempat aktivitas bisnis maupun pekerjaan bebas wajib pajak, lokasi objek pajak maupun tempat kedudukan subjek pajak maupun wajib pajak untuk pemeriksaan pajak PBB maupun tempat lainnya yang dianggap perlu diperiksa oleh otoritas pajak.
  • Pemeriksaan pajak kantor, di mana merupakan pemeriksaan pajak yang dilaksanakan pada tempat DJP.

Baca Juga: 3 Konsekuensi yang Akan Didapat Jika Telat atau Tidak Melaporkan SPT

2 Metode Pemeriksaan Pajak

Terdapat dua metode yang biasanya dilakukan untuk pemeriksaan pajak, antara lain:

Metode Langsung

Metode langsung adalah teknik untuk pemeriksaan pajak sekaligus prosedur pemeriksaan yang dipergunakan, untuk melakukan pengujian terhadap kebenaran pos yang diperiksa dan dilaksanakan, secara langsung terhadap catatan buku maupun dokumen yang berkaitan dengan berbagai pos yang diperiksa.

Metode Tidak Langsung

Metode tidak langsung ini merupakan prosedur pemeriksaan dan teknik pemeriksaan yang dipergunakan bertujuan sebagai upaya, untuk pengujian kebenaran berbagai pos yang diperiksa, dan dilakukan dengan cara tidak langsung melalui sebuah pendekatan metode yang tidak langsung dengan perhitungan tertentu juga. Wajib pajak badan sangat penting untuk mengetahui berbagai metode seperti ini. Selain itu ketika dilakukan pemeriksaan pajak juga harus memenuhi berbagai ketentuan yang diminta oleh pemeriksa pajak. Untuk itu, bantuan dari konsultan pajak Jakarta pastinya bisa membantu anda untuk melalui pemeriksaan pajak dengan lancar.

Metode pemeriksaan pajak tidak langsung ini bisa dilakukan jika tidak bisa diterapkan yang mana dalam konteks ini pemeriksa atau otoritas pajak harus mempunyai bukti yang cukup kuat bahwa metode langsung tidak dapat langsung dilakukan. Di samping itu, dalam proses pemeriksaan pajak tidak langsung dapat dilakukan lebih dari satu pendekatan metode. Metode pemeriksaan pajak yang satu ini dapat dilakukan untuk mendukung penggunaan metode langsung maupun tujuannya adalah melakukan identifikasi pada permasalahan pajak.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags