Mengetahui Apa itu Tax Compliance dan Perannya dalam Perpajakan Indonesia

Mengetahui Apa itu Tax Compliance dan Perannya dalam Perpajakan Indonesia

Jasa Konsultasi Pajak – Kepatuhan dari wajib pajak sangat penting apabila sebuah negara menganut self assessment system untuk perpajakannya. Pastinya kepatuhan pajak akan menjadi sebuah indikator yang paling penting untuk penerimaan dan pelaksanaan kewajiban pajak. Sebagai perusahaan yang berperan menjadi wajib pajak badan, tentunya sangat penting untuk melakukan kewajiban perpajakannya.

Walaupun memang Terkadang untuk mengelola kewajiban pajak badan ini cukuplah rumit, tetapi anda bisa memanfaatkan jasa konsultan pajak Jakarta untuk membantu dalam hal pengelolaan perpajakan perusahaan. Layanan jasa seperti ini akan membantu Anda semaksimal mungkin bahkan bisa membantu meminimalkan pengeluaran perusahaan.

Sistem yang dianut untuk perpajakan Indonesia pastinya akan sangat memudahkan para wajib pajak. Karena self assessment system yang diterapkan oleh otoritas pajak maupun pemerintah, memberikan wewenang penuh dan kepercayaannya terhadap wajib pajak untuk melakukan kegiatan penghitungan, penyetoran, dan pelaporan pajak sendiri untuk pajak terutangnya.

Maka dari itu, kesadaran wajib pajak untuk memenuhi kewajiban pajak sesuai dengan ketentuan undang-undang perpajakan, termasuk dalam indikator keberhasilan dari sistem perpajakan. Walaupun pemerintah sudah memberikan kepercayaan dan wewenangnya secara penuh pada wajib pajak, tetapi pemerintah juga harus selalu mengawasi dan Berupaya meningkatkan kepatuhan pajak terus-menerus.

Lantas, Apakah anda tahu apa itu yang namanya tax compliance? Apa saja jenis-jenis tax compliance dan faktor yang mempengaruhinya? Alasan Berikut ini akan lebih lanjut mengenai tax compliance.

Apa itu Tax Compliance?

Tidak diragukan lagi bahwa kepatuhan pajak adalah permasalahan umum yang seringkali dihadapi oleh otoritas pajak di Indonesia atau bahkan juga pada seluruh negara di dunia Upaya untuk melakukan peningkatan kepatuhan pajak juga sudah lama menjadi perhatian dari pemerintah. Kepatuhan pajak memiliki arti sebagai kemauan dari wajib pajak untuk bisa patuh dan tunduk terhadap kebijakan atau ketentuan perpajakan yang berlaku pada sebuah negara.

Baca Juga: Ketahui Kedua Jenis dan Metode Pemeriksaan Pajak untuk Wajib Pajak Badan

Pada berbagai negara, seperti Australia, Kanada, dan Amerika Serikat, umumnya kepatuhan pajak lebih cenderung pada kemampuan dan kemauan untuk tunduk pada regulasi perpajakan negara tersebut.

Di samping itu, juga melakukan pelaporan penghasilannya dengan benar dan menyetorkan pajak yang terutang dengan benar dan tepat waktu. Pengertian lain dari tax compliance ini merujuk pada international tax glossary, yakni merupakan tindakan yang bersifat administratif dan prosedural yang dibutuhkan untuk memenuhi kewajiban-kewajiban yang berdasarkan regulasi pajak yang berlaku.

Karena kepatuhan pajak ini sangat dibutuhkan, maka wajib pajak bisa memanfaatkan konsultan pajak Jakarta untuk mengelola kewajiban perpajakan anda. Karena konsultan pajak memiliki segudang pengalaman, yang bahkan bisa membantu anda untuk meminimalkan pengeluaran untuk penyetoran pajak secara legal.

Jenis-Jenis Tax Compliance

Kepatuhan pajak pada umumnya dibedakan menjadi dua jenis, antara lain:

  • Kepatuhan secara formal atau administratif. Kepatuhan dalam hal ini mengenai wajib pajak yang patuh pada persyaratan administrasi dan prosedural perpajakan. Hal tersebut juga meliputi tentang syarat bagaimana pelaporan pajak dan jangka waktu untuk menyampaikan SPT dan penyetoran pajak.
  • Kepatuhan secara materiil atau teknis. Kepatuhan yang dimaksud adalah kepatuhan yang mengarah pada perhitungan besaran beban pajak secara tepat dan benar. Bukan hanya itu saja, kepatuhan pajak secara teknis ini juga dapat diartikan sebagai sebuah keadaan pada saat wajib pajak memenuhi kebijakan materiil perpajakan, yang telah sesuai dengan isi dari kebijakan perundang-undangan perpajakan.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags