Tahapan Paling Mudah untuk Prosesi Lapor SPT Tahunan Pajak

Tahapan Paling Mudah untuk Prosesi Lapor SPT Tahunan Pajak

Jasa Pajak – Supaya proses pelaporan surat pemberitahuan bisa berjalan dengan lancar, tentunya yang harus dipersiapkan adalah dokumen untuk lapor SPT tahunan badan dengan lengkap. Tetapi, apabila perusahaan ingin melakukan kewajiban perpajakan dengan cepat dan efektif, maka memanfaat layanan mengurus pajak Jakarta adalah solusi terbaik.

Karena layanan jasa seperti ini pastinya telah memiliki segudang pengetahuan dan pengalaman di bidang pengurusan pajak, sehingga akan lebih efisien dan efektif apabila diberikan tanggung jawab untuk mengelola perpajakan. Karena setiap tahunnya pasti perusahaan harus melakukan kewajiban pajak, salah satunya adalah melaporkan surat pemberitahuan tahunan.

Laporan SPT tahunan badan berisi mengenai bukti pajak penghasilan atau PPH yang disetorkan, dari laba usaha badan dan wajib untuk tercantum dalam Proses penyampaian laporan pajak tahunan badan. Batas untuk menyampaikan SPT tahunan badan, yaitu setiap tanggal 30 April setiap tahun pajak untuk melaporkan SPT tahunan badan yang sebelumnya. Seperti halnya ketika ingin menyampaikan surat pemberitahuan tahunan badan untuk tahun pajak 2022, maka penyampaian SPT-nya dengan batas waktu 30 April 2023. Apa saja berkas yang harus dilampirkan ketika lapor SPT tahunan badan?

Lapor SPT Tahunan Badan Online

Dalam peraturan direktur jenderal pajak PER-30/PJ/2017 mengenai Perubahan Keempat atas PER-34/PJ/2010, membahas tentang kewajiban lapor SPT Badan. DJP atau Direktorat Jenderal Pajak telah mendelegasikan pelaporan surat pemberitahuan tahunan badan secara digital atau elektronik yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak, yakni melalui e-SPT, Anda bisa melaporkan surat pemberitahuan tahunan badan dengan sangat mudah.

Ketentuan Lapor SPT Tahunan Badan

SPT atau surat pemberitahuan tahunan PPh badan merupakan surat yang berisikan berbagai bukti pembayaran setoran pajak tahunan oleh suatu entitas yaitu wajib pajak badan. Bukti-bukti dari surat pemberitahuan tersebut harus dilaporkan ke otoritas pajak yang dapat dilakukan secara digital atau online.

Baca Juga: Mengetahui Apa itu Tax Compliance dan Perannya dalam Perpajakan Indonesia

Walaupun memang perihal pajak badan ini cukuplah rumit, tetapi kewajiban tetaplah kewajiban. Supaya wajib pajak badan tetap taat pajak dan tidak perlu bingung untuk mengelola pajak, maka bisa dengan memanfaatkan konsultan pajak Jakarta. Kebijakan mengenai kewajiban untuk laporan SPT tahunan PPH badan telah dicantumkan dalam Peraturan Dirjen Pajak No. PER-30/PJ/2017 tentang Perubahan Keempat atas PER-34/PJ/2010.

Mengisi Formulir 1771

Langkah pertama untuk melaporkan SPT tahunan badan secara online, Yakni dengan melakukan pengisian pada formulir 1771. Perusahaan atau badan usaha yang menggunakan formulir SPT 1771 ini, merupakan badan usaha seperti CV atau Comanditer Venture, PT atau perseroan terbatas, usaha dagang atau UD, Yayasan, perkumpulan, dan organisasi.

Batas Waktu Periode Lapor SPT Tahunan Badan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa batas waktu untuk melaporkan SPT tahunan badan yaitu paling lambat adalah 30 April setiap tahun pajak berikutnya. Contohnya ketika perusahaan ingin melaporkan SPT tahun pajak 2023, maka batas akhir untuk melaporkan SPT tersebut akan berakhir pada tanggal 30 April 2024.

Ketentuan Mengisi SPT Tahunan Badan

Untuk mengisi surat pemberitahuan dengan benar, jelas, dan lengkap. Maka harus diisi dengan lengkap menurut berbagai bukti dan dokumen yang berkaitan dengan objek dan unsur pajak. Asal usul dari isi SPT pastinya harus jelas sumbernya dan tidak boleh ada yang ditutupi. Serta, penting untuk mengisi SPT menggunakan bahasa Indonesia yang baku, dengan satuan mata uang Rupiah, juga bisa dengan mata uang asing jika memperoleh izin dari Kemenkeu.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags