Ketahui Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran Terbaru untuk SPT WP Pribadi

Ketahui Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran Terbaru untuk SPT WP Pribadi

Jasa Konsultan pajak Jakarta akan membantu anda, baik sebagai wajib pajak pribadi maupun wajib pajak badan untuk mengelola kewajiban perpajakan dengan lebih efektif dan efisien. Konsultan pajak juga bisa membantu untuk menyelesaikan segala permasalahan dalam dunia perpajakan milik anda.

Seperti halnya perihal surat pemberitahuan tahunan bagi wajib pajak pribadi, tentu saja ini merupakan hal yang cukup Kompleks untuk dilakukan, apabila sama sekali tidak mengerti regulasi perpajakan. Dalam surat pemberitahuan tahunan wajib pajak pribadi ada daftar utang yang dimiliki oleh orang pribadi pada tahun sebelumnya dan penting untuk dicantumkan.

Pada daftar tersebut, ada bagian kolom khusus kode yang wajib diisi oleh wajib pajak ketika melaporkan surat pemberitahuan tahunannya. Kode akun pajak atau yang seringkali disebut dengan KAP dan kode jenis setoran atau yang seringkali disebut dengan KJS, termasuk sebagai kode yang dibutuhkan untuk mengisi formulir SEE (surat setoran elektronik) pada e-billing pajak supaya bisa melakukan penyetoran pajak secara online.

Kode akun pajak dan kode jenis setoran ini dipakai untuk melakukan identifikasi penyetoran pajak secara online yang masuk ke kas negara. Selain itu, terdapat daftar kode akun pajak dan kode jenis setoran yang terbaru.

Kode yang telah dicantumkan berdasar pada UU pajak yang diberlakukan. Aplikasi pelaporan pajak secara online atau yang seringkali disebut dengan e-filing, sudah menyediakan daftar kode pajak sekaligus keterangan untuk setiap kodenya, sehingga wajib pajak bisa dengan mudah untuk melakukan pengisian pelaporan pada aplikasi pajak online tersebut.

Agar wajib pajak bisa melakukan pelaporan pajak dengan tertib, serta tidak terkena sanksi. Maka, anda bisa meminta bantuan pada konsultan pajak Jakarta. Berikut ini adalah berbagai daftar kode utang pajak dalam surat pemberitahuan tahunan wajib pajak pribadi yang wajib diketahui.

Apa Saja Daftar KAP dan KJS Terbaru?

Baca Juga: Benarkah SPT Suami-Istri Bisa Digabung Agar Semakin Efisien dalam Kewajiban Pajak?

KAP dan KJS Pajak Penghasilan Pasal 23

PPh atau pajak penghasilan pasal 23 mempunyai kode akun pajak 411124, sekaligus kode jenis setoran berikut ini, diantaranya:

  • Kode jenis setoran 100 untuk surat pemberitahuan Masa pajak penghasilan pasal 23
  • Kode jenis setoran 101 untuk surat pemberitahuan pajak penghasilan pasal 23 atas dividen
  • Kode jenis setoran 103 untuk surat pemberitahuan pajak penghasilan pasal 23 atas royalti
  • Kode jenis setoran 104 untuk surat pemberitahuan pajak penghasilan pasal 23 atas jasa
  • Kode jenis setoran 106 untuk Pembayaran pajak masa dari aktivitas permintaan keterangan yang dilaksanakan oleh pihak terkait yang tercantum pada BAP/BAPK
  • Kode jenis setoran 109 untuk pembayaran pendahuluan surat keterangan pajak Pajak penghasilan pasal 23
  • Kode jenis setoran 199 untuk surat tagihan pajak Pajak penghasilan pasal 23
  • Kode jenis setoran 300 untuk surat tagihan pajak pasal 23

KAP dan KJS Pajak Penghasilan Pasal 26

Kode jenis setoran pajak penghasilan pasal 26, sama halnya dengan pasal 23 namun dengan kode akun pajak 411127.

KAP dan KJS Pajak Penghasilan Pasal 22

Kode akun pajak PPh pasal 22, yaitu 411122 dengan kode jenis setoran pajak yang hampir sama kodenya dengan pasal 23 dan 26.

KAP dan KJS PPh 23 Ditanggung Pemerintah (DTP)

Pajak penghasilan pasal 23 yang ditanggung oleh pemerintah mempunyai KAP 411144, dengan kode jenis setoran pajak 100, untuk surat pemberitahuan masa PPh pasal 23 yang ditanggung oleh pemerintah.

KAP dan KJS PPh 26 Ditanggung Pemerintah (DTP)

Pajak penghasilan pasal 23 yang ditanggung oleh pemerintah mempunyai KAP 411147, dengan kode jenis setoran pajak 100, untuk surat pemberitahuan masa PPh pasal 23 yang ditanggung oleh pemerintah.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags