Pentingnya Wajib Pajak Ketahui Modus Penipuan yang Mengatasnamakan Otoritas Pajak

Konsultasi Pajak – Ditjen Pajak (DJP) menghimbau kepada masyarakat yang sudah berkewajiban membayar pajak untuk tetap waspada dengan penipuan yang mengatasnamakan otoritas pajak. Dikutip dari postingan media sosial terbaru Ditjen Pajak, Wajib Pajak harus berhati-hati karena modus penipuan yang mengatasnamakan otoritas pajak semakin marak terjadi. Kurangnya pengetahuan wajib pajak mengenai pajak dan regulasinya menjadikan celah bagi oknum penipuan untuk melancarkan aksinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memahami modus-modus penipuan pajak baik individu maupun badan usaha. Dengan menyewa jasa dari konsultan pajak Jakarta, Anda bisa dengan mudah melakukan kewajiban pajak serta dapat berkonsultasi untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Saat ini penipuan yang mengatasnamakan otoritas pajak dapat terjadi dalam beragam bentuk. DJP menyatakan modus penipuan tersebut meliputi:

M-Pajak Palsu

Aplikasi ini merupakan layanan digital yang berguna untuk mempermudah wajib pajak dalam membayar dan mengurus pajak mereka. Sayangnya hal ini dimanfaatkan oleh oknum penipu untuk menciptakan aplikasi palsu dan mengaku sebagai M-Pajak. Penipuan ini dilakukan melalui whatsapp. Biasanya oknum penipu akan mengirim aplikasi M-Pajak palsu melalui pajak sehingga wajib pajak akan dengan mudah untuk megunduh aplikasi palsu tersebut. Detail ciri-ciri aplikasi M-Pajak palsu adalah aplikasi diunduh dari platform tidak resmi, meminta data pribadi atau informasi rekening, Memberikan tawaran penghapusan denda, aplikasi tidak menampilkan logo yang meyakinkan dan tidak memiliki verifikasi keamanan

Surat Tagihan Pajak (.apk)

Maraknya penggunaan aplikasi digital harus membuat wajib pajak waspada. Selain M-Pajak palsu, Surat Tagihan Pajak dengan ekstensi .apk juga menjadi salah satu modus penipuan yang sedang marak. Oknum penipu melancarkan aksinya dengan mengirimkan tautan unduhan aplikasi yang seolah-olah berasal dari otoritas pajak untuk mengelabuhi dan mengakses data sensitif masyarakat wajib pajak. Modus penipuan ini biasanya akan dilakukan via Whatsapp atau SMS.

Baca Juga: Perkiraan Waktu Penyelesaian Kasus Pajak di Pengadilan Pajak, Begini Cara Percepat Prosedurnya!

Pengembalian Kelebihan Pajak

Salah satu modus penipuan yang sering digunakan adalah tawaran untuk pengembalian kelebihan pajak. Dengan skenario mengaku sebagai pihak otoritas pajak, oknum penipu akan memita nomor rekening, NPWP, atau bahkan PIN ATM yang dimiliki. Penipuan ini tidak hanya merugikan secara finansial akan tetapi juga dapat menyebabkan kebocoran data. Modus penipuan ini biasanya akan dilakukan via telepon atau Whatsapp

Email Tagihan Pajak

Modus penipuan email tagihan pajak sering digunakan dengan mengirimkan email menyerupai pemberitahuan resmi dari otoritas pajak. Email yang dikirimkan akan berisi tagihan atau permintaan untuk segera membayar pajak. Tidak hanya itu dalam email tersebut juga berisi link yang mengarahkan wajib pajak ke situs palsu yang dapat mencuri informasi sensitif dari wajib pajak. Agar terhindar dari modus penipuan ini lalukan verifikasi informasi tagihan melalui jalur resmi dan tetap waspada terhadap email yang mecurigakan.

Meminta Biaya Layanan Pajak

Modus yang terakhir ini adalah modus yang paling sering terjadi karena dapat dilakukan tanpa bantuan aplikasi/web lain. Oknum penipu akan mengaku sebagai otoritas pajak kemudian meminta uang dengan alasan sebagai biaya layanan untuk membantu proses perpajakan. Modus ini biasanya dilakukan dalam bentuk telepon, SMS, atau Whatsapp

Setelah mengetahui modus modus penipuan yang mengatasnamakan otoritas pajak, Anda perlu memahami bahwa otoritas pajak memiliki prosedur resmi yang tidak akan meminta data semsitif atau pembayaran melalui jalur pribadi. Dengan menggunakan layanan dari konsultan pajak Jakarta anda akan mendapatkan informasi yang akurat dan terhindar dari penipuan sehingga kita dapat terlindung dari resiko kerugian serta dapat menjaga keamanan data dan keuangan pribadi.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Comments are disabled.