Mempelajari Lebih Dalam tentang PPnBM, Pajak Atas Barang Mewah

Mempelajari Lebih Dalam tentang PPnBM, Pajak Atas Barang Mewah

Konsultasi Pajak – Menurut pengamatan konsultan pajak Surabaya, tingkat konsumsi masyarakat dalam pembelian atas barang mewah terus meningkat dan berkembang. Jika dulu hanya sebagian orang yang bisa dengan mudah memperoleh dan memiliki suatu barang mewah, sekarang setiap orang bisa memilikinya. Tidak hanya atas barang pada umumnya saja, pajak juga dikenakan atas barang mewah. Jika umumnya pembelian barang dikenai PPN, maka untuk pembelian barang mewah akan dikenai PPnBM. Apa dan bagaimana penerapan PPnBM ini bisa anda simak pada ulasan di bawah ini.

Seperti yang telah diketahui, pajak merupakan sumber pendapatan bagi negara yang digunakan sebagai biaya pembangunan nasional. Penetapan pemungutan pajak atas barang mewah tentunya bisa menambah serta meningkatkan potensi penerimaan anggaran negara. Secara umum, pajak yang dikenakan atas kepemilikan barang mewah diartikan sebagai pungutan pajak atas barang yang bukan merupakan barang pokok dan hanya dikonsumsi pihak tertentu. Dimana pajak ini dikenai atas barang yang tergolong dalam kategori mewah. Untuk memahami permasalahan pajak, anda bisa melakukan konsultasi pada jasa konsultan pajak Surabaya. Mengingat peraturan pajak sangatlah kompleks dan rumit untuk dipahami sendiri.

Alasan mengapa diberlakukannya pajak atas barang mewah atau PPnBM salah satunya untuk membatasi tingkat konsumsi masyarakat atas barang mewah. Sehingga, konsumsi masyarakat akan lebih diarahkan pada kebutuhan atau barang yang lebih mendesak dan mengurangi ketimpangan sosial. Selain itu, PPnBm juga bisa digunakan sebagai pelengkap dari jenis pajak lainnya dan instrumen untuk meningkatkan potensi sumber pendapatan negara. PPnBM bisa diimplementasikan pada suatu sistem pajak penjualan, pajak pertambahan nilai (PPN), ataupun sistem pemungutan cukai.

PPnBM diterapkan dengan tujuan untuk memperoleh keseimbangan pajak antara konsumen yang memiliki penghasilan tinggi dengan konsumen yang berpenghasilan rendah. Selain itu, PPnBM juga memiliki fungsi untuk mengendalikan pola konsumsi atas barang kena pajak yang tergolong mewah di masyarakat. Serta sebagai sarana untuk melindungi produsen kecil dan tradisional agar memiliki kesempatan dalam memasarkan usahanya. Pengenaan PPnBM ini juga sangat berpengaruh pada pendapatan negara dan perekonomian negara karena pungutannya yang tergolong cukup besar. Penting untuk memahami PPnBM ini dengan baik, agar anda bisa melaksanakan kewajiban pajak secara efektif. Konsultan pajak Surabaya adalah alternatif tepat dalam setiap hal yang berkaitan dengan pajak.

Baca Juga: Kewajiban Pajak Penghasilan Bagi Wajib Pajak Pribadi yaitu PPh 21

PPnBM memiliki karakteristik pajak yang berbeda yang mana bisa membedakannya dari jenis pajak lainnya. Beberapa karakteristik yang dimiliki PPnBM diantaranya yaitu:

  • PPnBM adalah pungutan pajak tambahan setelah PPN
  • PPnBM bukan merupakan pungutan pajak yang bisa dikreditkan dengan PPN
  • PPnBM hanya bisa dipungut sekali saja, yaitu pada saat terjadinya impor BKP yang termasuk kategori barang mewah. Atau pada saat terjadinya penyerahan BKP mewah yang dilakukan oleh seorang PKP pabrikan dari BKP yang tergolong mewah.
  • Jika eksportir melakukan ekspor BKP yang tergolong mewah, PPnBM yang sudah dibayar saat perolehannya dapat Anda minta kembali.

Sedangkan barang yang tergolong mewah dan bisa dikenai PPnBM yaitu:

  • Barang yang termasuk dalam kriteria barang mewah dan hanya dikonsumsi oleh masyarakat tertentu
  • Barang yang bukan merupakan suatu kategori barang yang menjadi kebutuhan pokok
  • Barang yang dikonsumsi hanya oleh golongan atau masyarakat tertentu dengan kategori penghasilan yang tinggi
  • Barang yang digunakan atau dikonsumsi dengan tujuan untuk menunjukkan kelas atau status sosial yang bersangkutan.

Berdasarkan pada UU Nomor 42 Tahun 2009, tarif dari PPnBM yang paling rendah yaitu sebesar 10% dan tarif paling tinggi yaitu 200%. Namun, jika pihak engusaha yang melakukan ekspor Barang Kena Pajak yang terbilang mewah, maka akan dikenai tarif PPnBM sebesar 0%. Untuk memudahkan anda dalam mengurus segala masalah pajak anda, konsultan pajak Surabaya adalah solusinya.

Apabila anda yang berada di Surabaya memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Surabaya, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags