Seberapa Penting Melaksanakan Kewajiban Pajak untuk Memperoleh Manfaat Pajak

Seberapa Penting Melaksanakan Kewajiban Pajak untuk Memperoleh Manfaat Pajak

Jasa Pajak – Pajak merupakan istilah yang cukup familier bagi konsultan pajak Surabaya dan pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Istilah pajak sering dijumpai dalam berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari Pajak kendaraan, PPN, Pajak Bumi dan Bangunan hingga Pajak Penghasilan. Pajak bersifat memaksa dan menjadi iuran wajib bagi warga negara terutama seorang wajib pajak. Jika dilihat lebih jauh, pajak memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin belum anda ketahui. Simak ulasan berikut yang akan membahas manfaat pajak dan pentingnya peran yang dimiliki pajak.

Kenali Apa itu Pajak dan Jenis-Jenisnya

Pajak merupakan pungutan wajib yang dikenakan pada individu atau perusahaan dengan ketentuan dan persyaratan yang diberlakukan. Pajak bersifat memaksa berdasarkan pada Undang Undang dan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Sehingga penolakan untuk membayar pajak merupakan pelanggaran hukum yang akan dikenai sanksi.  Konsultan pajak Surabaya akan membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan pajak anda. Jenis-jenis pajak sendiri bisa digolongkan menjadi 3 kategori, yaitu  berdasarkan sifat, instansi atau lembaga pemungutnya, dan sistem pemungutannya.

1.     Pajak Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan dengan sifatnya, pajak bisa dikategorikan menjadi Pajak Subyektif dan Pajak Objektif. Pajak Subjektif merupakan pajak yang pengenaannya berdasarkan suatu keadaan atau kondisi pribadi dari seorang Wajib Pajak. Sedangkan Pajak Objektif merupakan pajak yang pengenaannya memperhatikan kondisi dari objek pajaknya.

2.     Pajak Menurut Instansi atau Lembaga Pemungutnya

Berdasarkan pada instansi atau lembaga pemungutnya, pajak bisa dikategorikan menjadi dua Pajak Pusat dan Pajak Daerah. Pajak Pusat adalah pajak yang dipungut oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Pajak, Dirjen Bea dan Cukai, maupun Kantor Inspeksi Pajak. Yang mana semua instansi pemungut pajak tersebut berada di bawah naungan Kementrian Keuangan. Sementara itu, Pajak Daerah adalah pajak yang dipungut dan dikelola oleh Pemerintah Daerah.

3.     Pajak Berdasarkan Cara Pemungutannya

Berdasarkan dengan cara pemungutannya, maka pajak bisa dikategorikan sebagai Pajak Langsung dan Tidak Langsung. Pajak Langsung merupakan pajak yang beban pajaknya ditanggung oleh pihak wajib pajak itu sendiri. Pajak langsung tidak dapat dialihkan kepada pihak lain. Sedangkan Pajak Tidak Langsung adalah pajak yang beban pajaknya bisa dialihkan kepada pihak lainDimana wajib pajak bisa mengalihkan kewajiban pajaknya pada orang lain.

Baca Juga: Pelajari dengan Baik Perbedaan Pajak Pusat dan Pajak Daerah

Manfaat Pajak Bagi Masyarakat

Dana yang terkumpul atau diperoleh dari pelaksanaan pembayaran pajak merupakan salah satu sumber pendapatan vital bagi negara. Perolehan yang didapatkan dari pembayaran pajak tersebut menjadi sumber pendapatan terbesar bagi negara. Sehingga, penting bagi wajib pajak untuk menjalankan kewajibannya dengan baik. Konsultan pajak Surabaya menjadi solusi bagi anda dalam mengurus masalah pajak anda.

Semua hasil perolehan dari pembayaran pajak yang dilakukan oleh wajib pajak, akan digunakan oleh negara untuk pembiayaan berbagai kebutuhan negara. Dimana perolehan pajak tersebut diperuntukkan bagi kemakmuran rakyat. Manfaat yang dimiliki pajak sebagai sumber pendapatan negara diantaranya yaitu:

  • Membiayai seluruh kebutuhan pengeluaran Negara seperti pembangunan nasional. Kemudian pembiayaan penegakan hukum dan keamanan negara. Pembiayaan infrastruktur ekonomi, pekerjaan publik, subsidi, biaya operasional negara dan pembiayaan lainnya.
  • Membantu mengatur laju dari inflasi
  • Membantu untuk mengatur laju pertumbuhan ekonomi negara
  • Sebagai suatu alat yang membantu untuk mendorong kegiatan ekspor
  • Membantu memberikan perlindungan terhadap barang produksi yang berasal dari dalam negeri
  • Membantu menstabilkan kondisi dan keadaan perekonomian yang ada di Indonesia

Untuk menyelesaikan kewajiban pajak anda dengan baik dan penuh tanggung jawab, konsultan pajak Surabaya adalah opsi tepat. Konsultan pajak akan membantu anda mempersiapkan hingga melaporkan pajak yang dimiliki dengan lebih efektif.

Apabila anda yang berada di Surabaya memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Surabaya, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags