Berikut Adalah Ketentuan Pajak Kendaraan Bermotor untuk Mobil Perusahaan

Berikut Adalah Ketentuan Pajak Kendaraan Bermotor untuk Mobil Perusahaan

Konsultan Pajak – Kendaraan yang dimiliki perusahaan di Surabaya atau dimana saja merupakan salah satu aset berharga yang harus dipelihara dengan baik. Dimana kendaraan milik perusahaan tersebut memiliki peran yang penting dalam mendukung berbagai aktivitas perusahaan. Seperti misalnya untuk kegiatan distribusi produk perusahaan maupun kegiatan dan aktivitas lainnya. Sama halnya dengan kendaraan pribadi, kendaraan perusahaan juga dikenai beban pajak. Simak ulasan penting mengenai pajak yang dikenakan pada kendaraan perusahaan berikut ini

Salah satu jenis kendaraan perusahaan yang memiliki andil dalam kegiatan perusahaan adalah mobil perusahaan. Ini memiliki peran yang vital dalam keberlangsungan siklus suplai dan proses pendistribusian produk perusahaan. Mobil juga sering dipilih sebagai kendaraan yang bisa digunakan untuk menunjang setiap aktivitas perusahaan. Memiliki peran yang penting, mobil perusahaan haruslah dipelihara dengan baik termasuk dalam melakukan urusan perpajakannya. Dimana untuk kepemilikan kendaraan bermotor, maka perusahaan akan dikenai beban pajak yaitu Pajak Kendaraan Bermotor. Konsultan pajak Surabaya adalah solusi tepat untuk melakukan pengurusan pajak dengan lebih efisien.

Dalam penetapan pajak kendaraan bermotor atau PKB, terdapat unsur yang bisa dijadikan sebagai pedoman. Unsur tersebut yaitu Nilai Jual Kendaraan Bermotor atau yang disingkat dengan istilah NJKB.  Ini merupakan harga atau nilai yang telah ditetapkan oleh Dispenda atau Dinas Pendapatan Daerah. Yang mana sebelumnya Dispenda telah memperoleh data dari Agen Pemegang Merek atau APM. Unsur kedua yaitu bobot ataupun efek negatif atas penggunaan kendaraan bermotor tersebut. Yang mana dapat merefleksikan suatu tingkat kerusakan jalan dan lingkungan.

Melakukan pembayaran pajak atas kendaraan bermotor milik perusahaan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan setiap tahunnya. Untuk mengurus pajak anda, konsultan pajak Surabaya adalah alternatif tepat dan membantu memudahkan pengurusan pajak anda. Karena pajak kendaraan bermotor atau PKB adalah kewajiban perusahaan sebagai wajib pajak badan, maka perlu untuk diketahui persyaratan yang diperlukan. Berikut ini adalah persyaratan untuk bayar pajak mobil perusahaan yang perlu dipersiapkan, seperti:

  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi.
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi.
  • Fotokopi bukti domisili perusahaan.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Perusahaan.
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Perusahaan.
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
  • Melampirkan surat kuasa apabila yang bersangkutan memberikan kuasa kepada pihak lain dalam melakukan pengurusan pajak. Dimana surat kuasa tersebut harus memuat kop surat perusahaan, tanda tangan pihak yang memberi kuasa, dan stempel perusahaan di atas materai.
  • Melampirkan fotokopi KTP pihak yang memberi kuasa, jika proses pembayaran pajak tidak dilakukan secara mandiri.

Baca Juga: Tahukah Anda Pajak Atas Transaksi Penjualan Saham?

Berkaitan dengan masalah pajak kendaraan bermotor dalam hal ini mobil, maka anda akan mengenal istilah pajak progresif. Ini merupakan tarif yang diberlakukan atas pemungutan pajak dengan model persentase yang didasarkan pada jumlah objek pajak serta nilai objek pajak tersebut. Pajak progresif akan dibebankan kepada seorang Wajib Pajak atas kepemilikan suatu kendaraan dengan jumlah lebih dari satu baik itu untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Perusahaan yang memiliki mobil perusahaan dengan jumlah lebih dari satu, maka bisa dikenai beban atas pajak progresif. Semakin banyak kendaraan operasional yang dimiliki, tentunya jumlah pajak bagi perusahaan yang harus dibayarkan juga semakin banyak. Tarif pajak progresif harus mengacu pada ketentuan yang telah diatur dalam Undang-Undang. Dimana setiap daerah memiliki tarif pajak dengan minimal sebesar 1% dan tarif maksimal sebesar 2%. Sementara untuk penghitungan pajak progresif paling rendah sebesar 2% dan maksimal 10%.

Agar proses pembayaran pajak progresif kendaraan operasional perusahaan anda berjalan lancar dan efisien, maka anda perlu melakukan persiapan dengan matang. Konsultan pajak Surabaya adalah alternatif tepat yang akan membantu anda menyiapkan, menghitung, membayar hingga melaporkan pajak. Ini merupakan layanan jasa profesional di bidang perpajakan yang menawarkan anda hasil yang lebih efisien.

Apabila anda yang berada di Surabaya memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Surabaya, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags