Pentingnya Taat Pajak Agar Fungsi Pajak Bisa Terselenggara dengan Baik

Pentingnya Taat Pajak Agar Fungsi Pajak Bisa Terselenggara dengan Baik

Konsultan Pajak – Sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentunya anda yang di Surabaya atau dimana saja perlu untuk memahami dengan baik kewajiban dan hak masing-masing. Termasuk kewajiban dan hak sebagai wajib pajak. Melaksanakan kewajiban pajak adalah tanggung jawab kita sebagai warga negara dan wajib pajak yang baik. Dimana dalam kehidupan sehari-hari kita bisa menjumpai pungutan pajak. Sebagai pungutan yang dilakukan oleh pemerintah baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah, pajak memiliki fungsi yang penting. Manfaat pajak juga bisa dirasakan oleh masyarakat dalam berbagai aspek.

Pentingnya fungsi pajak, tentu harus diiringi dengan taat pajak yang baik oleh setiap wajib pajak. Seperti yang telah disebutkan di atas, apabila pungutan pajak bisa dipungut oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pungutan pajak oleh pemerintah pusat meliputi  PPh, PPN dan PPnBM. Selanjutnya bea materai, PBB sektor perkebunan perlambangan, dan perhutanan, pajak ekspor, bea masuk, dan cukai. Sedangkan untuk pemerintah daerah melakukan pungutan pajak yang meliputi pajak provinsi dan pajak kabupaten/kota. Pajak daerah disesuaikan dengan ketentuan setiap daerah yang diberlakukan.

Meskipun pajak memiliki banyak jenis yang berbeda dengan tarif yang berbeda pula, namun fungsi utama pajak sama. Pajak berfungsi sebagai sumber pendapatan suatu negara yang digunakan untuk pembiayaan keperluan negara. Berdasarkan pada data penerimaan negara dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini, sektor perpajakan menjadi sumber penerimaan terbesar negara kita. Hasil pungutan pajak tersebut, kemudian digunakan dalam memenuhi kebutuhan fasilitas umum dan lainnya demi kesejahteraan rakyat. Konsultan pajak Surabaya adalah opsi untuk membantu anda lebih taat pajak.

Sektor pajak memiliki peranan penting karena pungutan pajak digunakan untuk membangun negara. Semua pendapatan dari sektor perpajakan, ditujukan sebagai sumber pendapatan pemerintah yang menunjang kegiatan pemerintah bisa untuk bisa terus berjalan. Hal ini berarti, pemerintah bisa terus melakukan pembangunan nasional yang menyejahterakan setiap lapis masyarakat tanpa terkecuali.

Pajak sendiri juga memiliki fungsi anggaran baik itu APBN ataupun APBD. Anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) berasal dari setoran pajak pusat. Seperti misalnya setoran PPh (Pajak Penghasilan), PPN (Pajak Pertambahan Nilai), PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah), dan lainnya. Sementara itu, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) berasal dari pajak daerah. Dari perolehan pajak tersebut, maka bisa dikatakan fungsi pajak yaitu sebagai fungsi anggaran.

Baca Juga: Berikut Adalah Dasar Pengenaan Pajak (DPP) PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Fungsi anggaran atau budgeter yang dimiliki pajak dimaksudkan sebagai salah satu sumber dana yang dimasukkan dalam kas negara atau daerah. Dimana nantinya pendapatan kas negara yang bersumber dari sektor pajak tersebut menjadi sumber pembiayaan pengeluaran negara. Dengan mendukung terselenggaranya taat pajak, maka kita telah turut serta memajukan negara. Pajak yang disetorkan menjadi sumber dana bagi negara untuk bisa melaksanakan pembangunan nasional. Dalam mendukung terselenggaranya taat pajak, konsultan pajak Surabaya adalah pilihan tepat untuk masalah pajak anda.

Pajak juga memiliki fungsi stabilitas, dimana pajak memiliki fungsi yang ditujukan dalam menjaga kestabilan ekonomi. Keberadaan pajak bisa dimanfaatkan untuk meredam laju inflasi dan menguatkan nilai rupiah. Ini bisa dilakukan dengan menaikkan bea untuk barang-barang impor. Kebijakan pemerintah terkait dengan pajak, menjadi salah satu alternatif dalam menjaga kestabilan ekonomi. Sebagai warga negara yang baik, sudah menjadi keharusan bagi kita semua untuk mematuhi setiap peraturan dan ketentuan perpajakan yang diberlakukan.

Pajak bersifat memaksa dan diwajibkan bagi setiap warga negara, hal ini sesuai dengan ketentuan yang tercantum dan Undang-undang perpajakan. Dimana telah jelas disebutkan bahwa pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang dilaksanakan oleh warga negaranya. Yang selanjutnya, hasil perolehan pajak tersebut digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kemakmuran rakyat. Dengan menghindari atau menolak untuk membayarkan pajak, maka sama saja dengan melakukan pelanggaran. Tidak taat pajak tentu memiliki konsekuensi mendapatkan sanksi ataupun denda.

Penting sekali melaksanakan kewajiban pajak dengan  baik. Tidak hanya terhindar dari sanksi dan denda, namun juga bisa menyukseskan program pemerintah dalam menyejahterakan rakyat. Apabila anda yang berada di Surabaya memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Surabaya, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags