Beberapa Hal yang Sangat Penting Terkait dengan Pajak Daerah

Beberapa Hal yang Sangat Penting Terkait dengan Pajak Daerah

Jasa Konsultan Pajak – Pentingnya peranan pajak di Surabaya atau di seluruh Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat memang tidak dapat dipungkiri. Sebagai sumber pendapatan terbesar, pajak memiliki andil yang cukup besar bagi terlaksananya setiap program pemerintah. Tidak hanya pajak pusat, pajak daerah juga berperan penting bagi kemajuan suatu daerah. Simak hal-hal penting berkaitan dengan pajak daerah pada ulasan berikut.

Apa itu Pajak Daerah?

Pajak Daerah bisa didefinisikan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah atau APBD. Dimana APBD atau sumber pendapatan daerah tersebut penting untuk membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah dan pembangunannya. Sama halnya dengan pajak pusat, pajak daerah juga merupakan iuran wajib terutang yang dilakukan oleh wajib pajak kepada pemerintah daerah. Dimana dalam pemungutan pajaknya dapat dipaksakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan pajak yang berlaku. Jadi, pajak daerah adalah pajak yang dipungut dan dikelola oleh suatu daerah guna kepentingan pemerintahan daerah bersangkutan.

Pemungut Pajak Daerah

Seperti yang telah disebutkan di atas, pajak daerah ditetapkan oleh pemerintah daerah melalui sebuah peraturan daerah  atau Perda. Dimana wewenang untuk pelaksanaan pungutan pajak dilaksanakan oleh pemerintah daerah itu sendiri. Dimana kemudian hasil pungutan pajaknya digunakan untuk keperluan pembiayaan pengeluaran pemerintah daerah yang digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan. Pajak daerah ini berlaku pada provinsi dan kabupaten atau kota. Pengalokasian pajak digunakan untuk berbagai kepentingan umum yang bertujuan untuk kemakmuran rakyat. Konsultan pajak Surabaya adalah alternatif penyelesaian masalah pajak yang efektif dan efisien.

Apa Saja Fungsi Pajak Daerah?

Secara garis besar, fungsi yang dimiliki pajak daerah dan pajak pusat hampir sama. Yang membedakannya hanya pada pengalokasian hasil pungutan pajaknya. Berikut ini fungsi yang dimiliki pajak daerah yang meliputi:

1.     Fungsi Anggaran

Pajak daerah yang menjadi bagian dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), digunakan untuk kepentingan pendanaan rutin. Misalnya seperti belanja pegawai, belanja barang, pemeliharaan, pembangunan, dan juga sebagai tabungan Pemerintah Daerah.

2.     Fungsi Mengatur

Pertumbuhan ekonomi suatu daerah bisa diatur oleh Pemerintah Daerah melalui kebijaksanaan pajak daerah. Melalui fungsi mengatur tersebut, pendanaan yang diperoleh dari pajak daerah bisa digunakan sebagai salah satu alat untuk mencapai tujuan ekonomi dan mengurangi masalah ekonomi.

Baca Juga: Pentingnya Melaksanakan Kewajiban Pajak, Karena Sebagai Tulang Punggung Negara

3.     Fungsi Stabilitas

Fungsi stabilitas ini berarti pendapatan dari pajak daerah membantu pemerintah daerah untuk menstabilkan harga barang dan jasa. Dengan begitu dapat mengurangi inflasi. Sehingga penting melaksanakan pemungutan dan penggunaan pajak yang dilakukan secara efektif dan efisien. Konsultan pajak Surabaya adalah pilihan tepat untuk anda dalam mengurus masalah pajak.

4.     Fungsi Retribusi Pendapatan

Pendapatan yang diperoleh dari pajak daerah bisa digunakan untuk membiayai semua kepentingan umum termasuk untuk membuka lapangan pekerjaan baru. Dengan begitu, bisa terjadi suatu pemerataan pendapatan agar kesenjangan ekonomi antara yang kaya dan yang ada di masyarakat tidak terlalu menonjol. Hal ini bisa meningkatkan pemerataan di setiap daerah dan meningkatkan kualitas pembangunan.

Apa Saja Jenis Pajak Daerah?

Berdasarkan pada Undang-Undang, jenis pajak daerah diantaranya yaitu:

  1. Pajak Provinsi

Pajak Provinsi bisa meliputi:

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)
  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB)
  • Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB)
  • Pajak Air Permukaan
  • Pajak Rokok
  1. Pajak Kabupaten/Kota

Pajak Kabupaten/Kota bisa meliputi:

  • Pajak Hotel
  • Pajak Restoran
  • Pajak Hiburan
  • Pajak Reklame
  • Pajak Penerangan Jalan
  • Pajak Penerangan Bukan Logam dan Batuan
  • Pajak Parkir
  • Pajak Air Tanah
  • Pajak Sarang Burung Walet
  • Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan
  • Pajak Perolehan Hak Atas Tanah dan/atau Bangunan

Itulah tadi hal-hal penting berkaitan dengan Pajak Daerah. Agar fungsi dan peran pajak bisa terlaksana dengan baik, mari kita wujudkan kepatuhan pajak. Apabila anda yang berada di Surabaya memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Surabaya, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags