Pentingnya Capex dan Opex untuk Sebuah Perusahaan, Bagaimana Perlakuan Pajaknya?

Jasa Konsultasi Pajak – Dalam melaksanakan bisnis, pasti perencanaan maupun penyusunan anggaran keuangan adalah salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan. Selain itu, kewajiban pajak juga tidak boleh disepelekan begitu saja. Bahkan wajib pajak badan maupun wajib pajak orang pribadi bisa berkonsultasi pada konsultan pajak Jakarta perihal penyusunan anggaran kewajiban perpajakan seperti ini. Konsultan pajak pastinya bisa membantu anda untuk melakukan pengeluaran perpajakan dengan seefisien mungkin. Terdapat salah satu jenis anggaran yang memiliki peran cukup vital yakni pengeluaran.

Terdapat dua jenis pengeluaran yang biasanya dilakukan dalam proses usaha, yaitu capex dan opex. Ulasan Berikut ini akan membahas lebih lanjut mengenai kedua jenis pengeluaran tersebut.

Apa itu Capex?

Capex merupakan singkatan dari Capital expenditure yang mana artinya adalah pengeluaran yang dilaksanakan perusahaan untuk mendapatkan aset tetap yang mempunyai manfaat secara ekonomi dalam lebih dari satu periode akuntansi, contohnya adalah tanah dan gudang, yang akan menjadi aset tetap dari suatu perusahaan. Aset modal yang didapatkan dari pengeluaran seperti ini pastinya harus mempunyai umur manfaat dalam jangka panjang dan tengah ada pengaruhnya untuk peningkatan kapasitas produksi bisnis.

Apabila dilihat dari definisinya, pengeluaran capital expenditure tersebut bertujuan agar bisa menambah dan merawat aset perusahaan, sehingga dapat memperkuat jalan dari operational bisnis suatu perusahaan. Capital expenditure juga tidak jarang dianggarkan dari keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Beberapa contoh jenis Capital expenditure adalah penggantian peralatan, ekspansi untuk peningkatan pangsa pasar dengan produk yang telah ada, ekspansi dengan melakukan perilisan produk baru, dan proyek untuk mematuhi kebijakan yang berlaku.

Apa itu Opex?

Opex atau operational expenditure ini merupakan makna biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memenuhi keperluan operational perusahaan itu sendiri. Operational expenditure dikeluarkan bertujuan supaya bisa tetap menjaga kelangsungan aset dan menjamin operational perusahaan yang direncanakan supaya bisa berjalan dengan lancar. Contoh dari pengeluaran ini adalah biaya dari gaji dan tunjangan, biaya listrik, biaya sewa gedung, biaya administrasi dan keuangan, serta biaya transportasi dan perjalanan dinas.

Baca Juga: Hubungan Pajak Penghasilan dan Pajak Capital Gain Saham

Pada umumnya, operational expenditure dicatat oleh perusahaan sebagai biaya atau beban pada laporan laba rugi, sehingga untuk perhitungan pajak di tahun pengeluaran tersebut terjadi bisa dilakukan. Namun, biaya yang tergolong sebagai operational expenditure tidak termasuk bunga pinjaman, depresiasi, ataupun pajak pendapatan. Operational expenditure bisa termasuk sebagai pilihan yang menarik ketika arus kas perusahaan terbatas.

Perlakukan Pajak pada Capex dan Opex

Apabila perusahaan atau badan usaha ingin melakukan kewajiban perpajakan berkaitan dengan Capital expenditure maupun operational expenditure, maka bisa berkonsultasi pada konsultan pajak Jakarta untuk lebih jelasnya.

Capital Expenditure

  • Amortisasi dan Depresiasi

Capital expenditure tidak bisa secara langsung dikenakan sebagai biaya pada laporan laba rugi di tahun pengeluaran. Sebaliknya, ini diakui sebagai aset dan diamortisasi atau didepresiasi selama masa manfaat aset tersebut.

Operational Expenditure

  • Pembebanan langsung

Operational expenditure bisa secara langsung dikenakan menjadi biaya pada laporan laba rugi di tahun terjadinya pengeluaran. Hal tersebut Artinya bahwa operational expenditure bisa digunakan untuk melakukan pengurangan pada pendapatan kena pajak pada tahun fiskal yang sama pada saat pengeluaran tersebut terjadi.

Capital expenditure dan operational expenditure adalah bagian yang sangat penting dalam berjalannya suatu perusahaan maupun bisnis. Pastinya pemilik bisnis sangat penting untuk mengetahui kebijakan Peraturan yang berkaitan dengan Capital expenditure dan operational expenditure.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Comments are disabled.