Pelajari Kewajiban Pajak Pemain e-Sport Pro Player dari Konsultan Pajak Sofifi Terbaik

Konsultan Pajak Jakarta – Pro player merupakan pemain profesional yang mana sudah termasuk kepada kategori atlet. Hal ini disebabkan karena sudah mengikuti banyak perlombaan e-Sport profesional secara resmi bahkan umumnya bergabung pada suatu tim dan ada yang memberikan gaji. Maka dari itu, atas pendapatan ini pastinya akan dikenakan kewajiban perpajakannya. Apabila anda merupakan pemain esport atau pengelola tim e-Sport, dan sebidang kebingungan bagaimana cara mengelola kewajiban perpajakan, maka bisa memanfaatkan konsultan pajak Sofifi. Konsultan pajak seperti ini pastinya akan membantu seluruh permasalahan pajak yang dihadapi oleh wajib pajak.

Tidak diragukan lagi bahwa industri e-Sport dalam beberapa tahun terakhir ini sudah mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Kompetisi gaming yang terjadi pada saat ini merupakan ajaran utama yang disiarkan dalam lingkup global, bahkan player e-Sport seringkali menjadi selebritis dalam dunia maya. Juga tidak jarang banyak yang takjub terhadap pendapatan dari pemain e-Sport yang mengesankan. Untuk para player e-Sport, tentu saja bermain game secara kompetitif bukan hanya merupakan hobi saja, namun juga sudah termasuk dari pekerjaan yang dapat menghasilkan pendapatan substansional. Profesi ini dikenal dengan sebutan pro player.

Penghasilan Pro Player e-Sport

Perlu diketahui bahwa penghasilan yang diperoleh pemain e-Sport, merupakan penghasilan yang berasal dari banyak sumber, mempunyai pengetahuan mengenai berbagai sumber tersebut merupakan cara pertama yang harus dilakukan untuk mengelola pajak pada profesi ini. Berikut ini adalah beberapa sumber pendapatan yang biasanya didapatkan oleh pro player e-Sport, diantaranya:

Kemenangan saat Turnamen

Sudah bukan rahasia lagi bahwa turnamen e-Sport akan memberikan hadiah uang tunai yang sangat besar untuk para playernya yang berhasil bersaing pada tingkat tertinggi. Hadiah seperti ini tentu saja bisa dianggap sebagai pendapatan dan biasanya juga akan dikenakan pajak.

Streaming Game

Pada era digital yang berkembang sangat pesat seperti saat ini, tentu saja dari bidang e-Sport sendiri tidak menyia-nyiakan kesempatan. Sehingga, pro player juga biasanya mempunyai kanal streaming pada beberapa platform tertentu. Sehingga, mereka akan memperoleh pendapatan yang berasal dari iklan, langganan penonton ke kanal mereka, dan sumbangan dari penonton.

Baca Juga: Langkah Solutif dari Konsultan Pajak Palu Bagi Perusahaan untuk Menghadapi PMK 66/2023

Kontrak Sponsor

Seringkali pro player e-Sport mendapatkan kontrak sponsor dari perusahaan, merek, maupun tim tertentu. Kontrak sponsor seperti ini meliputi banyak ketentuan, termasuk pendapatan yang diperoleh pro player sebagai imbalan atas promosi maupun penampilan layanan dan/atau produk sponsor.

PPh Pemain e-Sport

Sudah tidak dilakukan lagi bahwa kewajiban utama yang harus dipikirkan oleh pro player e-Sport adalah PPh atau pajak penghasilan. Penghasilan yang didapatkan oleh pemain e-Sport secara kompetitif dan berbagai sumber pendapatan yang lain, Yang mana umumnya dikenakan pajak sesuai dengan kebijakan pajak pada negara tempat pro player tersebut tinggal maupun mendapatkan gajinya. Hal ini berarti bahwa pro player esport wajib untuk mempunyai pemahaman terhadap kebijakan pajak pada negara mereka tinggal maupun negara di mana mereka mendapatkan pendapatan, bahkan juga negara tempat mereka berkompetisi.

Mungkin hal seperti ini bisa menjadi rumit, sebab pemain e-Sport biasanya akan berpartisipasi pada turnamen secara internasional, yang artinya adalah mereka bisa dikenakan pajak pada yurisdiksi di luar negara yang mereka tinggali atau yurisdiksi berbeda. Inilah alasan mengapa pemain e-Sport perlu memanfaatkan konsultan pajak Sofifi, untuk membantu melakukan pengelolaan pajak yang tepat bahkan juga efisien.

Apabila Anda yang berada di Sofifi memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Sofifi profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Comments are disabled.