Semakin Patuh Jadi Wajib Pajak dengan Mengenal Konsep Cooperative Compliance Bersama Konsultan Pajak Jayapura

Jasa Konsultan Pajak – Tidak diragukan lagi bahwa pajak seringkali menjadi kendala utama pada kalangan masyarakat. Hal ini sebabnya adalah karena stigma negatif yang mana telah melekat pada perpajakan itu sendiri. Sehingga, masyarakat memiliki anggapan bahwa pajak merupakan beban finansial untuk mereka sendiri. Apabila sudah beranggapan seperti itu, maka hal ini akan menyebabkan kesulitan patuh terhadap kebijakan pajak. Oleh karena itu, jangan sampai Anda sebagai wajib pajak mengabaikan begitu saja kewajiban perpajakan yang anda miliki. Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana cara mengelola perpajakan, Karena Anda bisa meminta bantuan pada konsultan pajak Jayapura, dijamin mereka akan membantu Anda untuk menyelesaikan permasalahan pajak milik Anda.

Daerah yang serba digital pada saat ini, kepatuhan pajak merupakan instrumen yang sangat penting untuk membangun suatu negara. Bagaimana bisa masyarakat patuh untuk menyelesaikan berbagai kewajiban pajak, apabila masyarakat itu sendiri mempunyai tradisi pada otoritas pajak yang bertanggung jawab untuk membantu mereka? Maka dari itu, DJP atau Direktorat Jenderal Pajak sudah memberlakukan konsep Cooperative Compliance untuk memberikan bantuan otoritas pajak dalam hal mendekatkan pada wajib pajak untuk menyelesaikan berbagai administrasi pajak dengan menekankan transparansi, saling percaya, dan kerjasama.

Apa itu Cooperative Compliance?

Dikenalkan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada seluruh dunia, Cooperative Compliance sejak tahun 2013 sebagai upaya menciptakan tata kelola perpajakan yang lebih baik. Adanya Cooperative Compliance ini termasuk sebagai konsep kepatuhan pajak yang diusahakan secara kolaboratif menegaskan wajib pajak dan otoritas pajak untuk bisa mendorong tingkat kepatuhan pajak. Dalam penelitian Goslinga tahun 2021,  bahwa Cooperative Compliance mempunyai tujuan untuk mengikat hubungan yang lebih positif antara dua belah pihak, menyeimbangkan kepentingan baik dari sisi wajib pajak maupun otoritas pajak, sekaligus membangun kerjasama yang semakin efektif.

Dengan melalui Cooperative Compliance juga bisa menciptakan solusi yang adil sebagai harapan bisa menunjang transparansi dan kepatuhan pajak secara menyeluruh. Konsep seperti ini sudah diadopsi dari banyaknya otoritas pajak yang ada di seluruh dunia, sebab menawarkan solusi yang komprehensif dan masuk akal untuk bisa dicapai oleh sistem perpajakan agar semakin adil dan efisien untuk seluruh pihak yang terlibat.

Baca Juga: Konsultan Pajak Manokwari Bahas Faktur Pajak: Adakah Dokumen Lain yang Bisa Dipersamakan?

Seperti Apa Prinsip Cooperative Compliance?

Cooperative ComplianceMempunyai dasar Prinsip utama, bahwa akan menciptakan transparansi dan keterbukaan dalam konteks pertukaran informasi antara wajib pajak dan otoritas pajak. Di samping itu, Konsep ini juga mempunyai prinsip untuk mengadakan keadilan dan kesetaraan atas seluruh wajib pajak, sekaligus membangun kepercayaan supaya bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan yang lebih efektif, yakni peningkatan kepatuhan pajak. Cooperative ComplianceJuga memberikan penekanan untuk mencegah daripada adanya penindakan tertentu, sebab konsep transparansi bisa mengidentifikasi berbagai hal yang beresiko menjadi permasalahan, sehingga bisa diselesaikan sebelum berkembang menjadi sengketa perpajakan.

Oleh karena itu, supaya pajak tidak mengalami sengketa pajak dengan otoritas pajak, jika memang tidak menguasai kebijakan perpajakan. Maka, bisa berkonsultasi pada konsultan pajak Jayapura untuk mendorong kepatuhan pajak anda. Konsep dari Cooperative Compliance pastinya akan mendukung setiap pihak yang terlibat agar memiliki sikap yang proaktif. Yang mana untuk otoritas pajak bisa proaktif dalam memandu dan memberikan solusi. Serta, wajib pa melaporkan informasi yang terkait dengan potensi permasalahan pajak secara proaktif. Dengan demikian, Konsep ini bisa membantu negara untuk mengurangi biaya administrasi pajak, sebab adanya penegakan hukum maupun tindakan pemeriksaan lainnya secara signifikan.

Apabila Anda yang berada di Jayapura memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jayapura profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Comments are disabled.