TAM (Taxpayer Account Management): Semakin Mudahnya Wajib Pajak Memperoleh Informasi

Konsultan pajak Jakarta adalah salah satu solusi bagi Anda yang kebingungan Bagaimana cara mengelola kewajiban perpajakan dengan lebih efektif dan efisien. Karena konsultan pajak merupakan ahli dalam bidang perpajakan yang memiliki pengalaman dan wawasan yang luas untuk menangani berbagai kendala yang terjadi dalam perpajakan. Walaupun nantinya akan dibantu oleh wajib pajak, namun sebagai wajib pajak Anda juga tidak kalah penting Mengetahui berbagai update berita perpajakan terkini. Seperti halnya bahwa pada saat ini Direktorat Jenderal Pajak atau DJP telah menyediakan TAM atau singkatan dari Taxpayer Account Management.

Perlu diketahui bahwa sistem yang satu ini dirancang sebagai upaya untuk memberikan penyediaan informasi perpajakan yang semakin komprehensif melalui satu portal wajib pajak yang bisa diakses di manapun dan kapanpun.

Latar Belakang TAM (Taxpayer Account Management) DJP

Pada saat ini, wajib pajak bisa mengakses semua informasi pajak melalui Direktur Jenderal Pajak online dengan informasi yang mungkin saja masih terbatas pada riwayat atau profil singkat yang ada pada surat pemberitahuan atau yang seringkali dikenal dengan SPT. Perancangan sistem ini juga merupakan jawaban dari tantangan keterbatasan informasi yang bisa dilihat oleh wajib pajak, yang mana Direktorat Jenderal Pajak melakukan perancangan ulang Proses bisnis mereka untuk menyediakan pelayanan yang penuh.

Proses bisnis dari Taxpayer Account Management merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mencapai keterbatasan yang terjadi, sesuai dengan yang terdapat dalam Business Directions DJP. TAM (Taxpayer Account Management) akan diterapkan pada saat yang sama ketika mengimplementasi PSIAP (Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan) atau CTAS (Core Tax Administration System) berjalan nantinya.

Mengenai TAM (Taxpayer Account Management)

TAM (Taxpayer Account Management) atau manajemen akun wajib pajak merupakan proses bisnis yang bisa membuat para wajib pajak bisa melakukan pengelolaan informasi pajak sekaligus menampilkan profil, hak dan kewajiban perpajakan mereka yang terkini dan komprehensif. Proses seperti ini akan mengintegrasikan informasi yang berasal dari berbagai Proses bisnis yang relevan, meliputi registrasi, penyetoran pajak, layanan perpajakan, surat pemberitahuan atau SPT, dan berbagai layanan pajak lainnya.

Baca Juga: Menu Buku Besar yang Disediakan oleh DJP sebagai Upaya Tingkatkan Transparansi

Ruang Lingkup TAM (Taxpayer Account Management)

Apabila wajib pajak mengalami kesulitan dalam melakukan pengelolaan kewajiban perpajakan yang seringkali memang tidak mudah, maka Anda bisa meminta bantuan pada konsultan pajak Jakarta untuk membantu pengelola hak dan kewajiban pajak anda. Proses bisnis dalam manajemen akun wajib pajak atau TAM (Taxpayer Account Management), bisa dibedakan menjadi dua proses utama, diantaranya:

Ikhtisar Profil Wajib Pajak

Ikhtisar profil wajib pajak ini merupakan gambaran secara menyeluruh terhadap kondisi perpajakan dari wajib pajak yang berkaitan dengan hak dan kewajiban perpajakan mereka. Ikhtisar pajak seperti ini merupakan profil wajib pajak yang disajikan dalam bentuk ringkas yang dapat diakses melalui portal wajib pajak dengan informasi berikut ini, antara lain:

  • Identitas wajib pajak yang mana menampilkan nama, Nomor Pokok Wajib Pajak, alamat, dan informasi kontak wajib pajak
  • Jenis pajak terdaftar yang akan menampilkan jenis pajak apa yang menjadi kewajiban dari wajib pajak
  • Riwayat permohonan yang akan menampilkan kasus yang sedang berjalan atau riwayat permohonan layanan itu sendiri
  • Riwayat saldo
  • Daftar fasilitas
  • Daftar Kode Billing

Buku Besar Wajib Pajak

Buku besar wajib pajak merupakan catatan dari rincian data transaksi milik wajib pajak yang telah melakukan hak dan kewajibannya dalam perpajakan. Informasi seperti ini nantinya bisa diakses oleh wajib pajak maupun puasa wajib pajak, yang mana mempunyai beberapa fitur penting seperti halnya rekonsiliasi otomatis, riwayat transaksi, dan terintegrasi dengan layanan pajak yang lain.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Comments are disabled.