Bagaimana Pengaruh Family Office Terhadap Perpajakan Indonesia?

Konsultan Pajak – Pemerintah sudah memiliki rencana untuk melakukan pembentukan wealth management center atau Family Office untuk di Indonesia. Perencanaan tersebut sudah mendapatkan izin atau persetujuan dari Presiden Joko Widodo yang sudah melangsungkan rapat berkaitan dengan pembentukan Family Office ini. Apabila anda adalah salah satu orang yang bekerja pada bidang yang berkaitan dengan Family Office, terlebih sebagai penanggung jawab finansialnya, maka anda wajib untuk melakukan kewajiban perpajakan dengan tepat. Atau Jika anda ingin lebih mudah mengatasi hal seperti ini, Anda bisa meminta bantuan pada konsultan pajak Jakarta.

Mengenai Family Office

Family office merupakan perusahaan swasta yang berfokus pada pengelolaan investasi dan harta keluarga kaya raya. Mungkin apabila diterjemahkan dalam arti aslinya, Family Office ini berarti bahwa kantor keluarga. Namun, makna yang dimiliki dari Family Office tersebut bukan hanya sekedar kantor keluarga saja. Keluarga yang memanfaatkan layanan dari Family Office ini umumnya mempunyai aset atau harta kekayaan sebesar 50 USD sampai 100 juta USD. Perusahaan swasta seperti ini berfungsi untuk membantu dalam hal pengelolaan dan memberikan pertumbuhan pada harta dan kekayaan keluarga, sekaligus memberikan kepastian terhadap distribusi kekayaan antar generasi yang harus selalu berjalan secara efisien.

Terdapat dua jenis Family Office, yakni multi Family Office atau yang seringkali dikenal dengan MFO dan single Family Office atau yang seringkali dikenal dengan SFO. Multi Family Office sendiri akan memberikan pelayanan untuk beberapa keluarga dengan sekaligus, yang mana membuat jenis Family Office ini lebih populer dan ekonomis dibandingkan dengan jenis famili OSIS Office yang selanjutnya. Sedangkan, single family OSIS merupakan aktivitas yang fokusnya pada pelayanan satu keluarga dan melayani setiap keluarga dengan lebih mendalam dan bersifat personal, sesuai dengan keperluan keluarga yang memanfaatkan layanan jasa seperti ini.

Selain untuk melakukan pengelolaan investasi harta maupun kekayaan, famili OSIS juga memberikan penawaran terhadap banyak layanan lain seperti asuransi, manajemen gaji, perencanaan filantropi, hingga perencanaan perjalanan.

Bagaimana Pembentukan Family Office yang Ada di Indonesia?

Di Indonesia sendiri pembentukan dari famili office diatur oleh pemerintah, karena sangat mungkin untuk berdampak besar pada Indonesia. Caranya adalah dengan menarik keluarga berada dari berbagai belahan di dunia untuk melakukan investasi di Indonesia, dapat dipastikan bahwa nantinya devisa negara akan bisa meningkat. Di sisi lain, dengan adanya Family Office seperti inil, bisa mendorong kepercayaan dunia atas Indonesia sebagai tujuan dari investasi yang tentunya aman dan menguntungkan.

Baca Juga: Pelaku UMKM Ekspor Wajib Memahami Berbagai Pajak dan Dokumen yang Harus Dipenuhi

Luhut Binsar selaku Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi memberikan Penjelasan bahwa investasi seperti ini fokusnya adalah pada sektor riil seperti hilirisasi yang bisa menciptakan banyak lapangan kerja untuk masyarakat di Indonesia.

Dampaknya Terhadap Perpajakan Indonesia

Pada umumnya pembentukan Family Office menimbulkan kekhawatiran utama terhadap sistem pajak yang ada di Indonesia. Nantinya, penerimaan pajak pastinya juga akan terkena dampak karena pembebasan pajak dari harta kekayaan orang-orang yang kaya raya dan dibawa ke Indonesia. Dari segi penerimaan pajak nantinya pun akan bisa dipengaruhi oleh pembebasan pajak. Sangat penting bagi konsultan pajak Jakarta dapat membantu perusahaan besar yang ingin melakukan pengelolaan kewajiban perpajakan.

Sedangkan menurut salah satu pengamat pajak, bahwa skema famili Office yang ada di Indonesia ini merupakan opsi yang tepat dari sisi perpajakan individu yang memiliki status kaya, sebab struktur pajaknya menjadi semakin sederhana dan risiko pajak yang ditanggung akan lebih mudah dibandingkan dengan struktur pajak pada negara lain yang mungkin lebih rumit.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Comments are disabled.