Hal Penting yang Perlu Diketahui Mengenai Pembayaran Pajak

Hal Penting yang Perlu Diketahui Mengenai Pembayaran Pajak

Konsultan Pajak – Bagi setiap wajib pajak Surabaya yang taat pajak, tentunya sudah menjadi suatu kewajiban serta tanggung jawab dalam melaksanakan setiap kewajiban pajaknya. Dimana dalam melaksanakan kewajiban pajak yang dimilikinya, wajib pajak perlu untuk melakukannya sesuai dengan regulasi yang berlaku. Yang mana regulasi tersebut berkaitan dengan setiap tahapan pelaksanaan kewajiban pajak. Yang mencakup berbagai hal mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak yang telah dibayarkannya. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini akan dijelaskan mengenai sistem pembayaran pajak penghasilan atau PPh.

Pajak penghasilan atau yang disingkat dengan istilah PPh sebenarnya memiliki berbagai macam jenis dan regulasi yang mengatur setiap ketentuan pajaknya. Tentunya dalam setiap regulasi memiliki penetapan atau peruntukan masing-masing. Dengan begitu, bisa mengakomodir setiap jenis pajak penghasilan serta metode pembayaran pajaknya. Dalam melakukan pembayaran pajak penghasilan (PPh) yang menjadi tanggungan, maka seorang wajib pajak secara aktif perlu melakukan pembayaran pajak. Dalam melakukan pembayaran pajak dengan sejumlah nominal uang sesuai beban pajaknya ke dalam kas negara.

Kaitannya dengan pembayaran pajak, jika dilihat dari metode pembayaran pajaknya, maka ada dua tata cara pembayaran Pajak Penghasilan (PPh). Yang pertama adalah pembayaran yang dilakukan menggunakan online banking atau menyetorkan secara langsung melalui kantor pos atau bank persepsi yang telah ditunjuk. Sedangkan untuk sistem pembayaran Online bisa dilakukan dengan mengisi form e-Billing yang telah disediakan oleh pemerintah melalui DJP. Dalam sistem yang berbasis pada digital ini, wajib pajak bisa semakin mudah melakukan pembayaran pajak secara online. Konsultan pajak Surabaya adalah solusi untuk melakukan pengurusan pajak dengan perencanaan yang baik dan hasil yang lebih efisien.

Selain sistem pembayaran pajak, ada pula yang disebut dengan sistem penyetoran pajak. Dimana masih ada sebagian orang yang masih merasa bingung dengan istilah tersebut. Tidak jarang masih ada sebagian orang yang beranggapan keliru mengenai setor pajak yang dikelirukan dengan membayar pajak. Perbedaan dari keduanya yang mendasar yaitu terletak pada pihak yang menyampaikan uang pajak yang telah dipotong. Untuk setor pajak, penyampaian uang pajak yang telah dipotong tersebut dilakukan oleh pihak pemotong pajak penghasilan.

Baca Juga: Pelajari 3 Jenis Sistem Pemungutan Pajak yang Berlaku

Kemudian ada pula yang disebut sebagai pembayaran kontan, yaitu proses pembayaran pajak penghasilan yang dilakukan secara kontan. Dimana pembayaran pajak tersebut dilakukan pada setiap adanya suatu tagihan pajak yang diterima. Besaran atau nominal dari tagihan pajak tersebut bisa dibayar secara langsung dalam satu kali proses pembayaran. Sehingga, kewajiban pajak yang dimiliki oleh wajib pajak bersangkutan juga bisa langsung terselesaikan. Pajak seperti ini biasanya memiliki nilai yang cenderung kecil, sehingga bisa dengan mudah dibayarkan kontan. Untuk memaksimalkan proses pengurusan pajak anda, konsultan pajak Surabaya adalah jawabannya.

Kemudian anda juga perlu mengetahui istilah pengangsuran pajak, dimana ini merupakan metode yang diberlakukan untuk meringankan beban wajib pajak dalam menunaikan kewajiban perpajakannya. Metode pengangsuran pajak ini digunakan oleh wajib pajak badan, yang pada umumnya memiliki jumlah besaran nominal beban pajak yang cenderung lebih tinggi. Jika kewajiban pajak yang dimiliki tersebut harus dibayarkan pada satu kali proses, maka hal ini akan memberatkan wajib pajak badan bersangkutan.

Ada pula istilah pajak terutang, ini bukan berarti wajib pajak memiliki utang pajak. Dimana yang dimaksud dengan pajak terutang merupakan tanggungan pajak yang telah diketahui, dan belum terbayarkan oleh wajib pajak. Namun pajak terutang tersebut akan dapat dibayarkan dalam periode atau jangka waktu yang telah diberikan. Pembayaran pajak terutang tersebut bisa dilakukan secara kontan ataupun dengan cara diangsur. Sedangkan untuk utang pajak bisa diartikan sebagai suatu beban pajak yang belum dibayarkan setelah melewati batas waktu pembayaran. Untuk memudahkan anda, konsultan pajak Surabaya adalah alternatif terbaik dalam menyelesaikan maslaah pajak dengan efektif.

Apabila anda yang berada di Surabaya memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Surabaya, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags