Kekeliruan yang Sering Saat Memilih Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran

Kekeliruan yang Sering Saat Memilih Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran

Jasa Konsultan Pajak – Kemungkinan terjadinya kesalahan dalam mengurus pajak bisa dialami oleh wajib pajak yang ada di Surabaya atau dimanapun. Salah satu faktornya adalah kurangnya pemahaman yang dimiliki wajib pajak terkait dengan ketentuan pajak yang ada. Seperti kode akun pajak yang memiliki jenis berbeda untuk setiap jenis pajak yang dilaporkan. Tidak sedikit orang yang keliru ketika melakukan penginputan kode akun pajak. Hal ini biasanya juga tidak terlepas dari kesalahan pemotongan atau pemungutan pajak yang telah dilakukan. Ketika terjadi sebuah kekeliruan dalam proses pemungutan atau pemotongan pajak, tentu laporan pajak yang disampaikan juga mengalami kekeliruan. Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Berbicara mengenai pajak, tentu tidak lepas dari peran seorang konsultan pajak. Dimana konsultan pajak Surabaya bisa membantu pengurusan kekeliruan pajak yang dialami oleh wajib pajak. Ketika wajib pajak melaporkan pajaknya, tentunya akan ada istilah Surat Setoran Pajak atau SSP. Ini adalah bukti dari penyetoran pajak yang telah dilakukan oleh wajib pajak bersangkutan menggunakan sebuah formulir ke kas negara. SSP tersebut memiliki fungsi sebagai bukti dari proses pembayaran pajak dan dianggap sah jika telah divalidasi oleh petugas kantor penerima pembayaran pajak. SSP ini menjadi formulir yang penting, khususnya bagi wajib pajak yang telah membayar pajak.

Ketika wajib pajak ingin melakukan proses pembayaran pajak, tentu perlu untuk memilih Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran yang sesuai dengan pajak yang terutang. Keduanya memiliki peran sebagai nomor identitas dalam melakukan pembayaran setoran pajak. Kode Akun Pajak umumnya terdiri dari 6 digit angka dan biasanya dipakai sebagai pelaporan pajak. Sedangkan untuk Kode Jenis Setoran umumnya terdiri dari 3 digit angka, yang berfungsi untuk membedakan keperluan pajak yang harus dibayarkan.

Setiap jenis pajak tentunya memiliki Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran yang berbeda. Untuk itu, penting sekali mengetahui kedua jenis akun tersebut untuk memudahkan anda dalam mengurus administrasi pajak. Konsultan pajak Surabaya akan membantu anda untuk memahami dan mengerti setiap kode akun pajak yang ada. Konsultan pajak merupakan profesional yang memiliki pengetahuan kode akun pajak dengan sangat baik. Tidak menutup kemungkinan wajib pajak yang mengurus pajaknya secara mandiri bisa mengalami kekeliruan di dalam memilih Kode Akun Pajak atau Kode Jenis Setoran. Untuk meminimalisir kekeliruan tersebut, peran konsultan pajak dibutuhkan.

Baca Juga: Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Dalam Menghitung Pajak Penghasilan

Kekeliruan dalam memilih Kode Akun Pajak atau Kode Jenis Setoran cukup sering terjadi karena berbagai hal. Seperti misalnya wajib pajak yang terbiasa memilih KAP dan KJS yang sama secara terus-menerus ketika melakukan pembayaran pajak. Jadi, ketika harus membayarkan jenis setoran pajak yang berbeda, wajib pajak bisa saja luput memilih KAP dan KJS yang sesuai. Alasan lain yaitu karena kurangnya mengingat tentang Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran karena ada banyaknya KAP dan KJS pada setiap jenis pajak. Jika KAP dan KJS yang dipilih salah, maka pajak terutang yang dimiliki tidak akan terbayar. Sehingga, wajib pajak tidak bisa untuk melanjutkan pada tahap pelaporan pajak.

Ketika anda telanjur memilih Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setroan yang salah ketika membayar pajak baik itu secara online maupun offline. Anda bisa untuk melakukan revisi dengan cara mengajukan permohonan Pemindahbukuan atau PBK kepada Direktur Jenderal Pajak. Dimana langkah pengajuan PBK tersebut dilakukan dengan cara:

  • Mengisi formulir permohonan pemindahbukuan (PBK) setoran pajak, dengan melampirkan bukti setoran pajak yang asli.
  • Pada bagian kolom lampiran, anda perlu mengisinya dengan jumlah lampiran form yang diinginkan.
  • Buat surat pernyataan tidak keberatan untuk pemindahbukuan (PBK).
  • Lampirkan fotokopi KTP atau kartu identitas dan bukti setoran tanpa NPWP.

Kemudian anda bisa mengirimkan formulir beserta lampirannya tersebut ke KPP tempat pembayaran pajak diadministrasikan. Konsultan pajak Surabaya membantu proses pengurusan administrasi pajak lebih mudah dan efektif.

Apabila anda yang berada di Surabaya memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Surabaya, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags