Mari Kita Pelajari Apa Itu Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran

Mari Kita Pelajari Apa Itu Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran

Konsultan Pajak – Setiap wajib pajak tentu tidak terlepas dari proses penyetoran atau pembayaran pajak. Dimana untuk bisa melakukan proses penyetoran atau pembayaran pajak, maka diperlukan suatu kode tertentu dalam mengisi formulirnya. Tanpa mengisi atau memilih kode tersebut maka proses pembayaran yang hendak dilakukan tidak bisa diterima oleh bank persepsi atau kantor pos. Kode Akun Pajak atau disingkat dengan KAP dan Kode Jenis Setoran Pajak atau KJS, adalah bagian penting ketika mengisi Surat Setoran Pajak (SSP). Sehingga, anda sebagai wajib pajak perlu untuk mengetahui kedua kode tersebut dengan baik seperti penjelasan berikut.

Kode Akun Pajak yang dikenal dengan istilah KAP dan Kode Jenis Setoran disebut dengan KJS diperlukan pada saat wajib pajak mengisi formulir pembayaran pajak. Seperti ketika wajib pajak mengisi Surat Setoran Elektronik (SSE) e-Billing Pajak. Sedikitnya pengetahuan mengenai kode pajak tersebut, tentu akan berdampak pada kekeliruan pengisian formulir e-Billing. Peran konsultan pajak Surabaya dalam membantu wajib pajak memahami kode pajak sangatlah dibutuhkan. Dengan adanya KAP dan KJS tersebut, maka akan sangat berguna bagi DJP untuk bisa mengindentifikasi proses pembayaran pajak yang masuk pada kas negara. Sehingga, keakuratan pilihan kode sangatlah diperlukan.

Ketika anda mengisi formulir e-Billing untuk melakukan pembayaran atau penyetoran pajak, maka terdapat beberapa jenis pajak dan jenis setoran. Peran dari Kode Akun Pajak (KAP) dan Kode Jenis Setoran (KJS) ini digunakan untuk membuat e-Billing sebagai nomor identitas pembayaran setoran pajak. Sehingga, sistem akan tahu dan bisa membedakan jenis setoran ke kas negara dari sektor pajak dengan setoran ke kas negara lainnya. Selain itu, pembuatan kode juga membantu wajib pajak untuk meminimalkan kesalahan dalam proses pembayaran atau penyetoran pajak.

Proses pengisian ID billing bisa dilakukan dengan cara lebih mudah dan akurat melalui jasa konsultan pajak Surabaya. Karena konsultan pajak adalah seorang profesional yang memiliki pengetahuan akan kode pajak dengan baik. Sebelum anda melakukan pengisian atau pembuatan ID billing, sebaiknya anda memahami terlebih dahulu apa itu Kode Akun Pajak maupun Kode Jenis Setoran Pajak. Umumnya, KAP terdiri dari 6 digit misalnya 411121. Sedangkan UNTUK KJS terdiri dari 3 digit seperti misalnya 100.

Baca Juga: Kekeliruan yang Sering Saat Memilih Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran

Kode Akun Pajak (KAP) yang biasanya sering digunakan adalah untuk pelaporan SPT Masa PPh pasal 21 dan SPT Masa PPN dalam negeri. Sementara itu, Kode Jenis Setoran (KJS) memberikan sebuah pengertian terkait dengan keperluan pajak tersebut dibayarkan. Apakah itu untuk Masa yaitu dengan memilih Kode Jenis Setoran 100. Atau untuk Tahunan dengan memilih Kode Jenis Setoran 200. Ataukah untuk pembayaran STP (Surat Tagihan Pajak). Beberapa Kode Akun Pajak (KAP) yang cukup sering digunakan, meliputi:

  • 411121 sebagai identifikasi setoran pajak dari jenis pajak PPh Pasal 21.
  • 411122, sebagai identifikasi setoran pajak dari jenis pajak PPh Pasal 22.
  • 411124, sebagai identifikasi setoran pajak dari jenis pajak PPh Pasal 23.
  • 411128, sebagai identifikasi setoran pajak dari jenis pajak PPh Final.
  • 411129, sebagai identifikasi setoran pajak berupa pajak PPh Non Migas Lainnya.
  • 411111, sebagai identifikasi setoran pajak ke kas negara dari jenis pajak PPh Minyak Bumi.
  • 411112, sebagai identifikasi setoran pajak dari jenis pajak PPh Gas Alam.
  • Dan masih ada banyak lainnya.

Itulah tadi hal penting yang berkaitan dengan Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran. Untuk memudahkan urusan pajak anda agar lebih efektif, konsultan pajak Surabaya adalah solusinya.

Apabila anda yang berada di Surabaya memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Surabaya, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags