Menjawab Rumor Viral Terkait Pajak Untuk Youtuber

Menjawab Rumor Viral Terkait Pajak Untuk Youtuber

Konsultasi Pajak – Menurut pengamatan konsultan pajak Surabaya, seiring dengan berkembangnya zaman, perkembangan teknologi juga semakin pesat dari tahun ke tahun. Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah mendorong terciptanya suatu inovasi di era digital ini. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Youtuber dan Selebgram. Dimana keduanya adalah contoh pekerjaan baru di era digital yang banyak diminati oleh masyrakat digital. Bahkan mereka bisa memiliki penghasilan menjanjikan hanya dari satu endorsment. Saat ini, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan terkait dengan pajak atas penghasilan youtuber, simak penjelasannya berikut!

Dengan penghasilan yang didapatkan oleh seorang youtuber yang telah memenuhi syarat sebagai penghasilan kena pajak atau diatas PTKP, wajib untuk melapor dan membayar pajak. Umumnya, pajak yang dikenai atas youtuber diatur dalam PPh pasal 21 dan PPh pasal 23. Konsultan pajak Surabaya akan membantu anda untuk memahami tentang ketentuan pajak dengan lebih akurat.

Berkaitan dengan pekerjaan youtuber yang masuk dalam kategori tenaga ahli. Dimana dasar atas pengenaan pajaknya sama dengan PPh yang dikenakan atas pekerja seni lainnya. Berdasarkan dengan ketentuan Ditjen Pajak, youtuber bisa dikategorikan menjadi yotuber yang berada dibawah suatu agensi. Dan  youtuber yang tidak memiliki agensi atau independent. Dimana kedua kategori tersebut telah diatur dalam pasal yang berbeda. Bagi youtuber yang memiliki agensi maka hal ini telah diatur dalam PPh 23. Sedangkan untuk youtuber yang tidak memiliki agensi atau independent diatur dalam PPh 21.

Untuk melancarkan kebijakan baru pemerintah, maka telah ditetapkan peraturan bahwa youtuber yang berpenghasilan diatas batas PTKP yang telah ditentukan, diwajibkan memiliki NPWP. Dimana kemudian NPWP tersebut digunakan untuk kepentingan membayar pajak. Tujuan pemerintah dalam penetapan peraturan tersebut agar pekerjaan youtuber bisa menjadi salah satu penyokong perekonomian. Pengenaan pajak tersebut juga memberikan sikap adil terhadap setiap jasa promosi seperti televisi, koran, radio yang telah dikenai pajak. Konsultan pajak Surabaya membantu anda dalam mengurus pajak dengan efektif.

Baca Juga: Mari Kita Pelajari Apa Itu Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran

Dalam ketentuan pajak, Youtuber bisa didefinisikan sebagai jasa yang berhubungan dengan pekerjaan bebas wajib pajak orang pribadi. Secara garis besar, pengenaan beban pajak atas wajib pajak orang pribadi, yaitu:

  • Penghasilan dari jasa sehubungan dengan kegiatan usaha dengan omset melebihi Rp4,8 miliar.
  • Penghasilan dari jasa sehubungan dengan kegiatan usaha yang memiliki omset kurang dari hingga Rp4,8 miliar.

Karena seorang Youtuber merupakan profesi atau pekerjaan bebas, maka terdapat beberapa ketentuan terkait dengan pengenaan PPh. Dimana metode perhitungan Pajak Penghasilan (PPh) bagi Orang Pribadi (OP), meliputi:

  • Menggunakan Mekanisme PPh Orang Pribadi secara NPPN

Perhitungan PPh Youtuber bisa dilakukan menggunakan Norma Penghitungan Penghasilan Neto (NPPN). Penghitungan PPh orang pribadi dengan mekanisme NPPN ini bagi wajib pajak yang tidak menyelenggarakan pembukuan. Norma dalam penghitungan penghasilan neto bisa digunakan oleh seorang wajib pajak dengan peredaran bruto kurang dari Rp4,8 miliar dalam satu tahun. Untuk menggunakan mekanisme NPPN ini, wajib pajak orang pribadi harus mengajukan pemberitahuan kepada Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

  • Menggunakan Mekanisme PPh Orang Pribadi Umum Metode Pembukuan

Mekanisme PPh OP umum ini berlaku bagi wajib pajak orang pribadi yang menjalankan usaha dan pekerjaan bebas dengan melakukan suatu pembukuan. Pembukuan yang dimaksud di sini adalah proses dalam pencatatan keuangan. Dimana ini meliputi harta, kewajiban, modal, penghasilan dan biaya. Serta jumlah dari harga perolehan dan penyerahan barang atau jasa, yang kemudian ditutup dengan penyusunan laporan keuangan. Dimana dalam laporan keuangan tersebut meliputi neraca dan laporan laba rugi untuk periode Tahun Pajak tersebut.

Itu tadi ulasan mengenai pajak yang dikenakan bagi Youtuber, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat. Untuk memudahkan urusan pajak anda, konsultan pajak Surabaya adalah pilihan yang tepat. Apabila anda yang berada di Surabaya memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Surabaya, anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags