Patuh Pajak: Kontribusi, Sistem, dan Manfaatnya Bagi Pembangunan Indonesia

Patuh Pajak: Kontribusi, Sistem, dan Manfaatnya Bagi Pembangunan Indonesia

Jasa Konsultasi Pajak – Kewajiban untuk melakukan pembayaran pajak sudah hadir sejak zaman Belanda masih menjajah Indonesia di masa kelam. Pajak termasuk sebagai sumber penerimaan negara yang nantinya akan dipergunakan untuk Membangun fasilitas publik. Di samping itu, kewajiban untuk melakukan pembayaran pajak menjadi bukti bakti bahwa anda sebagai wajib pajak taat terhadap negara.

Walaupun anda tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengelola perpajakan, saat ini telah ada konsultan pajak Jakarta yang siap membantu anda untuk mengurus segala permasalahan pajak milik anda. Hal tersebut dikarenakan konsultan pajak merupakan orang yang menguasai wawasan dalam dunia perpajakan.

Apa itu Pajak?

Sangat penting untuk terlebih dahulu memahami seperti apa makna pajak. Apabila dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak, pengertian pajak merupakan kontribusi wajib pada negara yang terutang oleh orang pribadi maupun badan yang sifatnya memaksa berdasarkan kebijakan undang-undang, dengan sebesar-besarnya untuk kebutuhan negara bagi kemakmuran rakyat. Charles E.McLure menegaskan bahwa pajak merupakan kewajiban retribusi atau finansial yang dibebankan atas wajib pajak baik orang pribadi maupun badan oleh institusi atau negara yang fungsinya setara dengan negara yang dipergunakan untuk membiayai berbagai pengeluaran publik.

Sistem Pajak Indonesia

Pajak pada zaman dahulu termasuk sebagai upeti, mulai dari upeti usaha, upeti rumah, dan upetilik lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, sistem perpajakan Indonesia mengalami transformasi yang cukup signifikan. Sehingga, terdapat tiga jenis sistem pajak yang ada di Indonesia pada saat ini, antara lain:

  • Self assessment system. Sistem pemungutan pajak ini akan mengenakan penentuan besaran pajak yang harus disetorkan oleh wajib pajak.
  • Official assessment system. Sistem pemungutan pajak ini mengenakan wewenang untuk menentukan besaran pajak terutang pada fiskus maupun petugas pajak sebagai pemungut pajak.
  • Withholding assessment system. Sistem yang jumlah pajaknya dihitung oleh pihak ketiga dan bukan merupakan wajib pajak maupun petugas perpajakan. Hal ini misalnya adalah konsultan pajak Jakarta, yang bisa membantu Anda melakukan penghitungan pajak dan seluruh kewajiban pajak lainnya.

Baca Juga: Ketahui Pajak Bunga Deposito, Berapa Minimum Deposito yang Akan Dikenakan Pajak?

Apa Saja Fungsi Pajak?

Pajak mempunyai empat fungsi utama pada dasarnya, diantaranya:

  • Fungsi Anggaran. Dapat digunakan untuk membiayai berbagai pengeluaran negara, misalnya pengeluaran dalam hal pembangunan negara.
  • Fungsi Mengatur. Pajak dipergunakan untuk alat mencapai suatu tujuan dan pelengkap dari sebuah fungsi anggaran.
  • Fungsi Stabilitas. Pemerintah mempunyai dana untuk melangsungkan kebijakan yang berkaitan dengan stabilitas harga, sehingga inflasi nantinya bisa dikendalikan.
  • Fungsi Redistribusi Anggaran. Pajak yang dipungut oleh negara atau pemerintah, nantinya akan dipergunakan untuk menandai seluruh kepentingan umum, meliputi pembiayaan pembangunan sehingga bisa membuka kesempatan kerja, sampai pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan masyarakat Indonesia.

Mengapa Penting untuk Bayar Pajak?

Sudah bukan rahasia lagi dan tidak jarang dibahas, bahwa pajak merupakan sumber penerimaan terbesar bagi negara, yang dikumpulkan oleh negara melalui APBN atau anggaran pendapatan dan belanja negara. Sehingga, pada saat para wajib pajak yang ada di Indonesia taat untuk melakukan kewajiban pajak, mulai dari penghitungan pajak, penyetoran pajak, hingga pelaporan pajak, pastinya terdapat begitu banyak manfaat yang bisa dirasakan kembali oleh masyarakat Indonesia.

Mulai dari fasilitas kesehatan yang semakin memadai, fasilitas pendidikan yang semakin membaik, fasilitas transportasi publik yang lebih nyaman dan aman, fasilitas umum dan infrastruktur yang lebih maju, serta berbagai fasilitas negara lainnya.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags