Bagaimana Perpajakan Hotel dan Restoran? Apa Saja yang Dikenakan Pajak?

Bagaimana Perpajakan Hotel dan Restoran? Apa Saja yang Dikenakan Pajak?

Konsultasi Pajak – Sebagai suatu bisnis yang bergerak dalam industri Horeca atau singkatan dari Hotel, Restoran Cafe, yang bergerak dalam industri makanan dan minuman. Tentu saja akan ada pajak yang dikenakan atas aktivitas bisnis seperti ini. Sebagai pengelola bisnis Horeca Anda bisa meminta bantuan pada konsultan pajak Jakarta untuk membantu pengelolaan pajak bisnis anda.

Pastinya konsultan pajak akan mampu mengatasi seluruh kendala perpajakan yang dimiliki perusahaan anda. Ulasan Berikut ini akan membahas lebih lanjut bagaimana perpajakan yang diterapkan atas pajak hotel dan restoran, supaya Anda sebagai wajib pajak tidak akan terkena sanksi pajak.

Diberlakukannya UU No. 23 Tahun 2014 dan UU No. 33 Tahun 2004 mengenai Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, maka pemerintah daerah mempunyai Daerah atau wilayah yang sangat luas untuk melakukan pengelolaan wilayahnya yang bertujuan untuk percepatan dari realisasi kebaikan bersama. Dalam mencapai tujuannya, pemerintah daerah melakukan penyusunan rencana pembangunan yang dicanangkan dalam pendapatan dan belanja daerah.

Pajak daerah merupakan pungutan wajib kepada sebuah wilayah, yang terutang oleh badan hukum maupun orang pribadi. Pajak daerah ini sifatnya wajib menurut undang-undang tanpa memperoleh imbalan secara langsung, serta digunakan untuk keperluan daerah sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pajak Hotel

Hutan merupakan sebuah badan usaha yang memberikan penawaran jasa atas akomodasi atau rekreasi, meliputi berbagai jasa lain yang dikenakan biaya seperti losmen, motel, dan sejenisnya. Wajib pajak hotel merupakan sebuah badan atau orang pribadi yang mempunyai usaha Hotel atau penginapan. Subjek pajak dari pajak hotel adalah badan atau orang perorangan yang melakukan pembayaran pada pemilik Hotel. Berikut ini adalah objek pajak hotel yang meliputi pelayanan hotel, yakni sebagai berikut:

  • Tempat penginapan jangka pendek, mulai dari rumah kost wisata, wisma tamu, motel losmen, dan sejenisnya, serta rumah kost dengan lebih dari 10 kamar pada satu tempat maupun beberapa tempat yang dikelola oleh wajib pajak.
  • Fasilitas penunjang akomodasi, seperti telepon, internet, pencucian, fotocopy, faksimile, Teleks, transportasi, penyetrikaan, dan berbagai fasilitas sejenis lainnya yang disediakan maupun dikelola oleh hotel.
  • Penyewaan kamar untuk acara pertemuan hotel

Baca Juga: Pajak Internasional: Pentingnya Strategi untuk Mengatasi Tantangan Bisnis Global

Pajak Restoran

Restoran merupakan sebuah tempat usaha yang mengelola atau menyediakan makanan maupun minuman dengan dikenakan biaya, mulai dari restoran, kantin, Cafe, bar, dan sejenisnya termasuk juga jasa catering. Pajak restoran adalah pajak yang dikenakan terhadap pelayanan yang sudah diberikan oleh pihak restoran.

Wajib pajak pemilik restoran merupakan badan atau orang perorangan yang mempunyai usaha restoran atau catering. Subjek pajak restoran adalah semua layanan yang disediakan oleh restoran, yang akan melibatkan penjualan makanan maupun minuman yang dikonsumsi oleh pembeli. Terlepas dari apakah pembeli mengonsumsinya di tempat layanan maupun di tempat lainnya.

Objek pajak restoran merupakan badan maupun orang pribadi yang melakukan pembelian makanan maupun minuman di restoran. Bagi perusahaan restoran dan sejenisnya, yang telah melakukan pemungutan pajak, namun nilai jualnya di bawah Rp15 juta perbulan, maka pajaknya harus disetorkan ke kas negara.

Baik sebagai wajib pajak yang mengelola Hotel atau restoran, sangat penting untuk selalu melakukan kewajiban perpajakan, supaya bisnis Tetap berjalan lancar dan mendapat akreditasi baik dari para pelanggan. Solusi yang paling tepat adalah dengan memanfaatkan konsultan pajak Jakarta. Konsultan pajak seperti ini merupakan solusi bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk mengelola perpajakan.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags