Keadilan Pajak yang Terwujud Karena Kesadaran Pajak Seluruh Masyarakat

Keadilan Pajak yang Terwujud Karena Kesadaran Pajak Seluruh Masyarakat

Konsultasi Pajak – Sebagai wajib pajak yang tidak ingin mendapatkan sanksi perpajakan atas kelalaian yang dilakukan, maka anda bisa melakukan kewajiban perpajakan lebih mudah dengan bantuan konsultan pajak Jakarta. Konsultan pajak Jakarta akan membantu Anda untuk mengatasi seluruh permasalahan pajak dan membantu mengelola administrasi pajak milik anda.

Penting untuk diketahui bahwa kesadaran bisa diartikan sebagai sebuah tingkat kesiagaan individu terhadap suatu hal. Kesadaran mencakup pemikiran dan persepsi yang secara samar-samar disadari oleh setiap individu, sehingga perhatiannya akan bisa semakin terpusat dan melakukan sebuah hal sebagai bentuk tanggapan.

Dalam konteks perpajakan, kesadaran adalah kesiapsiagaan wajib pajak terhadap berbagai aktivitas internal maupun eksternal yang kemudian bisa memunculkan tindakan sebagai bentuk tanggapan, tindakan tersebut berkenaan dengan perpajakan yang mulai dari penghitungan pajak, pembayaran pajak, hingga pelaporan pajak.

Dengan munculnya kesadaran pada wajib pajak, maka potensi wajib pajak untuk melaksanakan penyetoran pajak dengan tepat waktu juga akan semakin tinggi. Kesadaran dalam melakukan pembayaran pajak adalah bentuk dari sikap moral yang memberikan kontribusi pada negara yang ditinggali wajib pajak, untuk menunjang pembangunan negara maupun perekonomian negara.

Dengan adanya tertanamnya sebuah kesadaran pajak pada diri seluruh masyarakat, maka secara pasti akan memunculkan hubungan yang positif atas kepatuhan pajak, yang mana selanjutnya akan menciptakan keadilan pajak untuk seluruh masyarakat. Tax equity atau kesadaran pajak berarti bahwa wajib pajak melakukan penyumbangan bagian yang wajar (fair share) terhadap biaya pemerintah atau cost of government.

Pada dasarnya, keadilan pajak ini meliputi dua hal, yakni keadilan vertikal atau vertical equity dan keadilan horizontal atau horizontal equity. Vertical equity berupa seseorang yang memiliki penghasilan lebih besar maka akan membaik melakukan pembayaran pajak yang lebih besar juga.

Sedangkan, horizontal equity berupa dua orang yang memiliki penghasilan sama, maka jumlah pajak yang disetorkan juga akan sama. Vertical equity dapat ditinjau dari siapa subjeknya, Sedangkan untuk horizontal equity dapat ditinjau dari segi apa objeknya.

Baca Juga: Insentif PPN DTP 2023: Syarat Penerbitan Faktur Pajak untuk Orang Pribadi dan PKP

Dalam melakukan pengukuran keadilan pajak, maka di sana akan ada dua pendekatan yang bisa digunakan, yakni dengan menerapkan prinsip manfaat atau benefit principle dan ability to pay principle atau prinsip kemampuan membayar. Dalam hal prinsip manfaat, maka pengenaan pajak ini didasarkan pada pandangan bahwa perpajakan harus dikenakan atas manfaat khusus yang didapatkan oleh wajib pajak.

Contoh kasusnya adalah pengenaan pajak reklame, pajak tontonan, pajak kendaraan motor, maupun pajak lainnya. Sedangkan dalam hal konsep, prinsip kemampuan membayar tidak diperhatikan antara pajak pada sisi penerimaan dengan manfaat yang diterima dari sisi pengeluaran.

Setiap wajib pajak melakukan pembayaran yang sesuai dengan kemampuan mereka, yang mana ukuran dari kemampuan ini yang berupa income atau penghasilan, kekayaan, dan konsumsi. Indonesia termasuk sebagai negara demokrasi yang mana rakyatnya sebagai pembayar pajak sekaligus berperan menjadi pengawas atas realisasi dari uang pajak, serta pengawas peraturan pajak yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Jika ada regulasi pajak yang dianggap tidak memenuhi dalam tingkat keadilan masyarakat, maka masyarakat bukan hanya akan berdiam diri, karena hal ini bisa berpengaruh terhadap kehidupan tiap individu pada masyarakat. Bahkan dari sisi wajib pajak sendiri, pada saat ini telah sangat dimudahkan karena ada bantuan dari konsultan pajak Jakarta, untuk mengatasi berbagai kendala dalam pengelolaan perpajakan.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags