Butuh Jasa Konsultan Pajak? Berikut Cara Paling Mudah untuk Menentukan Ahli Pajak Terbaik

Butuh Jasa Konsultan Pajak? Berikut Cara Paling Mudah untuk Menentukan Ahli Pajak Terbaik

Konsultan pajak Jakarta memang ada begitu banyak jumlahnya. Tetapi, untuk menemukan konsultan pajak atau spesialis pajak yang benar-benar terpercaya sesuai dengan keperluan orang pribadi maupun badan tidaklah mudah. Padahal, ketika memilih konsultan pajak yang tepat, maka anda tidak hanya akan bisa melakukan pengelolaan administrasi pajak dengan baik saja, tetapi juga akan memiliki peluang untuk terhindar dari berbagai kesalahan dalam perhitungan yang berakibat pada lebih bayar. Ulasan berikut ini akan membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara untuk mencari ahli pajak yang paling tepat dan terbaik.

Konsultan pajak merupakan perorangan maupun kelompok yang memberikan jasa atau layanan konsultasi perpajakan pada wajib pajak, sebagai upaya melakukan hak dan memenuhi kewajiban pajak dari para wajib pajak yang sesuai dengan kebijakan perundang-undangan pajak. Definisi tersebut diambil menurut Peraturan Menteri Keuangan atau PMK Nomor 111/PMK.03/2014 tentang Konsultan Pajak. Penting untuk diketahui bahwa agar bisa memberikan layanan konsultan pajak, seseorang konsultan pajak tersebut wajib untuk memiliki izin praktik yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pajak maupun pejabat yang telah ditunjuk.

Pada umumnya izin praktik ini diperoleh melalui Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak atau yang seringkali disebut dengan USKP. Karena ujian sertifikasi ini juga ada tahapan atau tingkatannya, tentu saja izin praktik juga ada beberapa tingkatan sesuai dengan ujian sertifikasi tersebut. Perlu diketahui terdapat tiga izin praktik yang biasanya diberikan untuk konsultan pajak, mulai dari izin praktik tingkat A, izin praktik tingkat B, dan izin praktik tingkat C.

Cara Mudah Menentukan Konsultan Pajak

Memiliki Spesialis yang Relevan dengan Keperluan

Sebelum menentukan konsultan pajak yang tepat, Sebaiknya anda lebih dahulu mengetahui apa yang anda butuhkan dari seorang konsultan pajak. Karena, jasa konsultan pajak seperti ini sendiri ada cukup beragam, mulai dari jasa Periksa laporan pajak, restitusi pajak, konsultasi, pendampingan dalam pemeriksaan pajak, perencanaan pajak, jasa kepatuhan pajak, dan penyelesaian sengketa pajak.

Sesudah tahu seperti apa kebutuhan anda, maka selanjutnya adalah cari tahu apakah konsultan pajak yang Anda pilih mempunyai keahlian yang bisa memenuhi kebutuhan anda dalam perpajakan.

Baca Juga: Keadilan Pajak yang Terwujud Karena Kesadaran Pajak Seluruh Masyarakat

Mempunyai Izin Praktek

Tidak setiap konsultan pajak bisa mengatasi berbagai keperluan wajib pajak. Oleh karena itu, lebih baik memastikan terlebih dahulu Apakah konsultan pajak yang Anda pilih sudah mempunyai izin praktik untuk bisa memberikan jasa yang sesuai dengan kebutuhan pengelolaan pajak anda.

Mengecek Pengalaman

Selain mempunyai izin praktek, tentu saja untuk menjadi konsultan pajak yang baik harus mempunyai pengalaman dalam mengatasi berbagai macam kasus perpajakan dengan durasi waktu tertentu. Misalnya, telah memilih mengantongi pengalaman dalam mendampingi klien atau wajib pajak dalam pemeriksaan pajaknya yang lebih dari 10 tahun.

Mengetahui Tarif Konsultan Pajak

Sebelum anda memanfaatkan layanan konsultan pajak, maka lebih dahulu ketahui berapa dan bagaimana pengenaan tarif dari spesialis pajak tersebut. Terdapat konsultan pajak yang melakukan pemungutan tarif menurut hitungan jam kerja. Tetapi, juga ada konsultan pajak yang dibayar apabila telah melakukan penyelesaian pekerjaan.

Kredibilitas Konsultan Pajak

Tips paling penting yang harus diperhatikan ketika menentukan konsultan pajak yaitu kredibilitasnya. Tetapi, wajib pajak tidak jarang mengalami kesulitan untuk mengetahui apakah seorang konsultan pajak yang dipilih cukup Kredibel atau tidak. Salah satu solusinya adalah dengan mengunjungi website resmi dari konsultan pajak yang anda pilih.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags