Peran Konsultan Pajak dalam Mendukung Target Penerimaan Pajak 2024

Peran Konsultan Pajak dalam Mendukung Target Penerimaan Pajak 2024

Jasa Pajak – Menjadi wajib pajak yang taat terhadap kebijakan perpajakan, pastinya akan menjadi keuntungan tersendiri terlebih bagi Anda yang merupakan pengusaha kena pajak. Dapat dipastikan segala urusan bisnis anda akan semakin dipermudah, karena anda menaati kebijakan perpajakan. Walaupun Anda tidak dapat mengelola kewajiban perpajakan, anda tetap bisa meminta bantuan pada konsultan pajak Jakarta. Konsultan pajak seperti ini akan membantu anda, untuk mengatasi berbagai permasalahan pajak yang ada. Bukan hanya itu saja, tetapi berita perpajakan juga tidak kalah penting untuk diketahui.

Seperti halnya pada akhir tahun ini, pastinya tidak jarang dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk banyak pihak agar bisa menentukan target pada tahun mendatang. Salah satu pihak yang telah melakukan penetapan target untuk tahun depan yaitu Kementerian Keuangan. Target yang telah dilakukan penentuannya adalah target penerimaan pajak pada tahun mendatang yaitu tahun 2024. Dalam pengelolaan suatu negara, target pendapatan pajak adalah hal yang cukup wajar untuk dilakukan. Hal ini tidak lain dan tidak bukan dikarenakan pajak yang merupakan sumber penerimaan utama bagi negara, terlebih untuk negara Indonesia sendiri.

Dengan memberikan penetapan target penerimaan pajak, maka nantinya pemerintah dapat melakukan pengukuran seberapa baik kebijakan fiskal yang dimiliki negara dalam menghasilkan pendapatan yang dibutuhkan untuk mendorong pengeluaran pemerintah, meliputi infrastruktur, pembangunan, kesehatan, pendidikan, dan berbagai program sosial lainnya. Target dari penerimaan pajak pun bisa menjadi suatu evaluasi untuk kinerja pemerintah setiap periode atau setiap tahunnya. Dengan melakukan perbandingan realisasi penerimaan pajak dengan target yang ditetapkan.maka antara pemerintah dan masyarakat bisa melakukan penilaian sejauh mana kebijakan fiskal suatu negara dapat berhasil Dan apakah administrasi perpajakannya juga efektif.

Dengan memberikan penargetan penerimaan pajak maka pemerintah juga bisa melakukan pengendalian pada inflasi. Tentu saja hal ini secara otomatis dapat terjadi, misalnya apabila pemerintah berharap untuk mengurangi angka inflasi, pemerintah mungkin saja melakukan penetapan target penerimaan pajak yang semakin tinggi untuk mengurangi jumlah uang yang beredar pada masyarakat. Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan, telah mengungkapkan pada berbagai strategi yang akan dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya mengejar target penerimaan pajak pada tahun 2024 nanti.

Baca Juga: Tantangan dan Solusi Efektif Perpajakan dalam Bisnis Ritel

Diungkapkan bahwa terdapat target penerimaan pajak pada tahun 2024 mendatang, yakni sebesar Rp1.989 triliun, yang mana mengalami kenaikan sebesar 9% dari target penerimaan pajak tahun ini atau di tahun 2023. Menteri Keuangan juga telah menyebutkan penerimaan pajak pada tahun mendatang akan didorong oleh berbagai faktor, mulai dari pelaksanaan reformasi perpajakan kegiatan ekstensifikasi dan intensifikasi, implementasi core tax administration system (PSIAP), serta Sinergi dengan lembaga maupun instansi yang lain. Tax reform atau yang dikenal dengan reformasi pajak adalah istilah yang memiliki makna perubahan sistem pajak dengan komprehensif dan signifikan.

Komprehensif dan signifikan yang dimaksud adalah meliputi pembenahan dan perubahan administrasi perpajakan, peraturan, regulasi perpajakan, dan peningkatan basis pajak. Core Tax Administration System atau dalam bahasa Indonesia berarti Pembaruan Sistem Administrasi Perpajakan (PSIAP) adalah pembaruan pada sisi pembenahan basis data pajak untuk mempermudah proses bisnis administrasi perpajakan. Penerapan sistem perpajakan tersebut bertujuan utama untuk menjadikan sistem pajak Indonesia yang semakin mudah, akurat, dapat diadakan, terintegrasi, dan pasti.

Sedangkan, untuk aktivitas ekstensifikasi dan intensifikasi artinya pengawasan yang dilakukan oleh regulator atau dalam konteks ini adalah DJP atau Direktorat Jenderal Pajak terhadap wajib pajak yang sudah memenuhi syarat objektif dan subjektif, tetapi belum mendaftarkan dirinya untuk memperoleh NPWP. Tidak perlu khawatir, sebagai wajib pajak anda bisa mengelola perpajakan lebih mudah dengan bantuan konsultan pajak Jakarta. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pengelolaan perpajakan yang dapat dibilang cukup rumit.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags