Proses PMK IKN: Dukungan Pajak untuk Pengusaha di Ibu Kota Nusantara

Proses PMK IKN: Dukungan Pajak untuk Pengusaha di Ibu Kota Nusantara

Konsultasi Pajak – Apakah Anda adalah salah satu pelaku bisnis atau seseorang yang akan memindahkan perusahaan ke IKN (Ibu Kota Nusantara)? Oleh karena itu, pastinya akan ada pajak yang diterapkan pada seorang pengusaha kena pajak. Karena PMK IKN sedang dalam proses dirampungkan, maka pastinya ada aturan perpajakan baru dalam Ibu Kota Nusantara tersebut. Namun, ada sebagai wajib pajak tidak perlu kebingungan, sebab konsultan pajak Jakarta bisa membantu Anda untuk mengatasi segala urusan perpajakan perusahaan atau milik pribadi Anda.

Penting untuk diketahui bahwa profesional pajak seperti ini mampu mengatasi berbagai permasalahan pajak yang sedang dihadapi individu maupun badan, karena mereka memiliki segudang wawasan berkaitan dengan regulasi perpajakan. Bahkan perlu diketahui, pemerintah memberikan insentif pajak khusus untuk Ibu Kota Nusantara. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lebih detail mengenai hal tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa pemerintah sedang dalam proses untuk menyelesaikan PMK atau Peraturan Menteri Keuangan yang berkaitan dengan insentif pajak di IKN atau Ibu Kota Nusantara, walaupun ternyata peraturan pemerintah Nomor 12 Tahun 2023 sudah dicanangkan sejak 9 bulan sebelumnya. Yang mana peraturan tersebut tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan, kepastian, dan partisipasi yang semakin besar pada pelaku usaha sebagai upaya percepatan pembangunan di IKN.

Selain itu, Yon Arsal selaku Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak, menyebutkan bahwa Peraturan Menteri Keuangan yang menjadi dasar dari teknis pajak pemerintah nomor 12 tahun 2023 masih berada pada proses finalisasi. Staf ahli Menteri Keuangan tersebut, juga memiliki harapan supaya insentif tersebut akan dapat diterima dengan semakin cepat, sebab pembuatan peraturan telah masuk ke tahap finalisasi. Insentif perpajakan seperti ini diperlukan untuk memenuhi keperluan pembiayaan dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara seperti halnya yang telah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 s.t.d.d Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2023.

Bangunan Ibu Kota Nusantara tersebut dibiayai oleh anggaran pendapatan dan belanja negara dan berbagai sumber pendapatan negara lain yang tentunya sah. Nanti ke depannya, peran pembiayaan dari sektor swasta dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara akan menjadi target, supaya terus meningkat dan semakin dominan dari dana anggaran pendapatan dan belanja negara.

Baca Juga: Peran Konsultan Pajak dalam Mendukung Target Penerimaan Pajak 2024

Yon Arsal juga menyebutkan mengenai harapannya terhadap pemberian insentif fiskal yang bisa mendorong pembangunan di Ibu Kota Nusantara. Dengan begitu, Prinsip utama terhadap pemberian insentif fiskal tersebut adalah semua fasilitas pajak yang diberikan sifatnya adalah mudah, mutlak, dan sederhana.

Insentif pajak pada Ibu Kota Nusantara tersebut dirancang secara khusus dengan sifat yang fleksibel dan bisa di untuk memenuhi keperluan yang ada. Dalam peraturan pemerintah tersebut, juga sudah terbuka penyesuaian dan Kemajuan pembangunan pada Ibu Kota Nusantara.Pada kesempatan yang sama, Agung Wicaksono selaku Deputi Pendanaan dan Investasi Otoritas IKN, menyebutkan bahwa regulasi teknis tersebut harus diselesaikan apabila mengingat terdapat beberapa masalah teknis yang tentunya juga harus diselesaikan dalam lapangan.

Deputi Pendanaan dan Investasi Otoritas IKN tersebut juga menyebutkan, dunia usaha yang telah melakukan pembangunan tersebut mulai menghadapi banyak isu yang memerlukan solusi teknisnya. Contoh kasusnya adalah ketika mendaftar pajak pertambahan nilai, namun alamat perusahaan yang belum bisa di Ibu Kota Nusantara. Kendati demikian, Anda sebagai wajib pajak tetap bisa memanfaatkan konsultan pajak Jakarta untuk membantu segala urusan perpajakan perusahaan atau pribadi milik Anda.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags