Manfaat dan Pendekatan: Pentingnya Melakukan Penghindaran Sengketa Pajak

Manfaat dan Pendekatan: Pentingnya Melakukan Penghindaran Sengketa Pajak

Konsultan Pajak – Sengketa pajak merupakan sengketa yang timbul pada dunia perpajakan, yang terjadi di antara wajib pajak maupun penanggung pajak dengan pejabat yang berwenang karena akibat dikeluarkannya keputusan yang bisa diajukan gugatan atau banding kepada pengadilan pajak, Menurut ketentuan perundang-undangan perpajakan.

Meliputi gugatan terhadap pelaksanaan penagihan menurut Undang-Undang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. Konsultan pajak Jakarta bisa membantu anda untuk menghadapi permasalahan seperti sengketa pajak. Sebab, konsultan pajak memiliki keahlian dan kemampuan, yang mana telah menguasai berbagai ketentuan perundang-undangan pajak yang berlaku.

Pengertian dari sengketa pajak sendiri telah diatur pada UU No. 14 Tahun 2002 pasal 1 mengenai pengadilan pajak. Pada umumnya, sengketa pajak muncul karena ketidaksamaan persepsi maupun perbedaan pendapat antara wajib pajak dengan fiskus atau Direktorat Jenderal Pajak tentang Penetapan pajak terutang atau penagihan.

Ada begitu banyak upaya hukum yang bisa dilakukan oleh wajib pajak untuk melakukan penanganan terhadap sengketa pajak, mulai dari mengajukan banding, keberatan, gugatan, dan peninjauan kembali. Untuk mengajukan upaya seperti ini, wajib pajak harus melakukan pemenuhan terhadap beberapa persyaratan.

Upaya hukum dalam penyelesaian sengketa ini dilakukan bukan tanpa adanya risiko sama sekali. Selain bayangan sanksi administrasi apabila kalah dalam persengketaan, maka penyelesaian sengketa pajak ini memerlukan waktu dan biaya. Oleh karena itu, lebih baik jika wajib pajak ataupun fiskus bisa menghindari terjadinya sengketa pajak seperti ini.

Terdapat begitu banyak manfaat yang diperoleh ketika melakukan penghindaran terhadap sengketa pajak, baik itu bagi wajib pajak maupun bagi fiskus. Dalam United Nations Handbook on The Avoidance and Resolution of Tax Dispute dijelaskan bahwa manfaat dari melakukan penghindaran sengketa pajak adalah sebagai berikut, diantaranya:

Dari sudut pandang wajib pajak, mekanisme penghindaran sengketa yang efektif, maka akan memberikan kepastian, pemahaman, dan transparansi yang semakin baik kepada wajib pajak tentang hak dan kewajiban mereka menurut kebijakan pajak yang berlaku. Hal ini akan memungkinkan wajib pajak untuk bisa mengambil keputusan yang tepat tentang urusan pajak mereka.

Baca Juga: Bagaimana Kebijakan Pembayaran dan Penyetoran Pajak untuk Pebisnis?

Penghindaran atau sengketa pajak juga akan menghasilkan penghematan biaya kepatuhan atau compliance cost saving. Dengan menghindari sengketa pajak, maka wajib pajak akan terhindar dari berbagai biaya yang tidak perlu, dan berbagai penundaan akibat keberlanjutan sengketa pada proses litigasi.

Sementara itu, dari sudut pandang fiskus atau Direktorat Jenderal Pajak, penerapan dan pengembangan mekanisme penghindaran sengketa yang efektif akan memungkinkan fiskus untuk memberikan pengarahan sumber dayanya pada pembayar pajak yang memiliki risiko lebih tinggi. Mekanisme penghindaran sengketa pajak akan memberikan transparansi untuk wajib pajak.

Hal ini akan semakin meningkatkan keyakinan dan kepercayaan atas fiskus dan integritas sistem perpajakan. Sehingga, nanti akhirnya kepatuhan sukarela dari wajib pajak atau masyarakat bisa meningkat.

Lebih lanjut, sebagaimana wajib pajak, maka fiskus bisa melakukan penghematan biaya dan waktu berkaitan dengan sengketa yang berlanjut ke litigasi. Baik itu wajib pajak maupun fiskus juga akan terhindar dari ketidakpastian tentang hasil litigasi itu sendiri. Inilah alasan mengapa ada berbagai macam pendekatan untuk melakukan penghindaran sengketa pajak.

Seperti salah satunya adalah melakukan pendekatan penghindaran sengketa dengan pemberian bimbingan dan nasehat oleh fiskus. Hal ini juga dapat menjadi salah satu alasan bagi anda Untuk memanfaatkan konsultan pajak Jakarta, sebagai upaya penghindaran sengketa pajak. Namun, konsultan pajak seperti ini dapat membantu anda untuk menyelesaikan urusan sengketa pajak.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags