Mendekati Batas Waktu Lapor SPT Tahunan Badan, Wajib Tahu Apa Saja Ketentuannya

Mendekati Batas Waktu Lapor SPT Tahunan Badan, Wajib Tahu Apa Saja Ketentuannya

Jasa Pajak – Tentu saja sangat penting untuk melakukan pelaporan surat pemberitahuan badan setiap tahunnya. Untuk perusahaan yang belum memiliki konsultan pajak pada bisnisnya, bisa memanfaatkan konsultan pajak Jakarta. Karena konsultan pajak seperti ini, bisa membantu anda untuk menyelesaikan urusan pajak perusahaan anda. Namun, supaya Anda sedikit mengetahui, serta supaya proses pelaporan surat pemberitahuan badan bisa berjalan dengan sempurna, Anda bisa mempersiapkan dokumen untuk melaporkan surat pemberitahuan dengan baik.

Untuk lapor SPT pajak badan tahunan, maka akan berisi tentang berbagai bukti PPH atau Pajak Penghasilan yang dilakukan pemungutannya dari usaha badan, yang mana juga harus tercantum pada proses saat melakukan penyampaian surat pemberitahuan tahunan badan. Apa saja berbagai dokumen maupun berkas yang penting untuk disiapkan dalam laporan surat pemberitahuan badan? Simak ulasan berikut ini, untuk mengetahui lebih bagaimana selanjutnya.

Melaporkan SPT Badan Secara Online

Surat pemberitahuan Pajak Penghasilan badan tahunan merupakan surat yang mencakup seluruh bukti pembayaran terhadap setoran pajak tahunan oleh sebuah perusahaan atau badan usaha. Bukti dari surat pemberitahuan tersebut, wajib untuk Dilaporkan pada Direktorat Jenderal Pajak, di mana proses penyampaiannya dapat dilaksanakan dengan cara online. Kewajiban untuk melakukan laporan surat pemberitahuan badan telah diatur dan tertulis pada Peraturan DJP Nomor PER-30/PJ/2017 mengenai Perubahan Keempat atas PER-34/PJ/2010 mengenai Bentuk Formulir Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Badan dan WP OP Beserta Petunjuk Pengisiannya.

DJP atau Direktorat Jenderal Pajak telah memberikan delegasi terhadap laporan surat pemberitahuan tahunan badan dengan cara online atau elektronik melalui aplikasi yang telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak resmi. Anda bisa melakukan penyampaian surat pemberitahuan Pajak Penghasilan badan lebih mudah dan efisien dengan bantuan konsultan pajak Jakarta. Berikut ini adalah berbagai ketentuan yang harus dipenuhi saat melaporkan surat pemberitahuan Pajak Penghasilan badan yang sesuai dengan kebijakan tata cara perpajakan, diantaranya:

Mengisi Form 1771

Wajib pajak badan maupun perusahaan seperti Comanditer Venture (CV), Perseroan Terbatas (PT), organisasi, Usaha Dagang (UD), perkumpulan dan yayasan, harus melakukan pengisian formulir surat pemberitahuan 1771.

Baca Juga: Mengetahui Lebih dalam Pungutan PPN Bagi Jasa Konstruksi

Periode Lapor SPT Tahunan Badan

Penyampaian surat pemberitahuan tahunan badan harus dilakukan paling lambat 4 (empat) bulan setelah berakhirnya tahun buku pajak. Sehingga, apabila periode buku tahun pajak sama dengan tahun takwim, maka pelaporannya dilakukan paling lambat 30 april tahun berikutnya. Misalnya, surat pemberitahuan tahunan badan untuk tahun pajak 2023, dapat dilaporkan mulai Januari hingga 30 April tahun 2024.

Kebijakan Mengisi SPT Tahunan Badan

Lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan ketika melakukan pengisian surat pemberitahuan tahunan Pajak Penghasilan badan, menurut kebijakan undang-undang tata cara pajak yang berlaku, antara lain:

Melakukan pengisian surat pemberitahuan dengan benar, jelas, dan lengkap. Yang artinya adalah dalam melakukan penulisan, penerapan ketentuan aturan pajak, hingga perhitungannya harus dilakukan dengan benar sesuai keadaan yang ada.

  • Surat pemberitahuan wajib diisi secara lengkap sebab berisi seluruh unsur yang berkaitan dengan objek pajak maupun unsur lain yang wajib dilaporkan.
  • Untuk melakukan pengisian SPT harus berdasarkan sumber dari objek pajak yang tidak boleh ditutupi.
  • Mengisi surat pemberitahuan dengan bahasa Indonesia yang tepat dan benar.
  • Surat pemberitahuan juga wajib ditandatangani dan disampaikan ke kantor pelayanan pajak Di mana tempat wajib pajak tersebut dikukuhkan.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags