Wajib Pajak Harus Tahu Apa itu Tax Fraud

Wajib Pajak Harus Tahu Apa itu Tax Fraud

Jasa Pajak – Pastinya semua wajib pajak tidak ada yang ingin melakukan pembayaran pajak dengan jumlah yang sangat besar. Tentu saja supaya semakin efisien dalam mengelola perpajakan, wajib pajak bisa memanfaatkan konsultan pajak Jakarta untuk membantu melakukan pengelolaan pajak dengan lebih baik sehingga bisa meminimalkan pengeluaran pajak dengan cara yang disetujui oleh hukum atau ketentuan perundang-undangan perpajakan.

Kadang terkadang, sebagian orang akan dibutakan dengan ketakutan saat melakukan pembayaran pajak yang akan mengurangi penghasilan yang mereka peroleh. Umumnya, orang seperti ini biasanya akan melakukan berbagai cara untuk membuat mereka membayar pajak dengan lebih kecil dibandingkan yang seharusnya.

Sehingga, berbagai cara ilegal tersebut seringkali terjadi di sekumpulan orang atau pada sebuah masyarakat. Salah satu contohnya yaitu yang sering kali disebut dengan Tax Fraud. Tax Fraud Adalah salah satu bentuk dari penyelewengan peraturan perpajakan. Tentu  saja sebagai wajib pajak Anda sangat wajib mengetahui apa itu Tax Fraud.

Mengenal Tax Fraud

Pada dasarnya, merupakan hal yang wajar untuk seseorang Apabila ingin melakukan pembayaran pajaknya dengan lebih sedikit dibandingkan dengan yang seharusnya. Tetapi, masalahnya adalah jika ingin melakukan pengurangan kewajiban perpajakan dengan cara yang tidak sah dan melanggar kebijakan pajak yang berlaku. Tax Fraud merupakan tindakan yang merupakan disengaja untuk meminimalisasi pembayaran pajak yang seharusnya, dengan cara melakukan pengabaian pada kebijakan perpajakan yang berlaku. Dalam konteks pelaporan surat pemberitahuan, Wajib pajak harus menginformasikan secara benar, jelas, dan lengkap sesuai dengan yang sudah tertulis pada UU KUP (Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan) pasal 3 ayat 1.

Tetapi, biasanya dalam Tax Fraud, di mana untuk melakukan pengurangan beban pajak yang wajib pajak bayarkan, mereka akan melakukan cara dengan memberikan informasi yang salah ketika proses melakukan pelaporan pajaknya. Tindakan seperti ini akan sangat mungkin untuk menjadi pelanggaran apabila dilakukan dengan sengaja dan tentunya akan dibebankan sanksi, denda maupun gabungan dari keduanya, mulai dari sanksi administratif seperti denda atau bahkan hingga pidana, seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan pasal 39 ayat 1.

Baca Juga: Pajak Asuransi Jiwa: Apakah Harus Dilaporkan dalam SPT Tahunan?

Tax Fraud tidak jarang disamakan dengan tax evasion, sebab persamaannya adalah dalam konteks penggelapan pajak. Tax evasion sendiri diartikan sebagai pelanggaran pajak yang terjadi pada skema penggelapan pajak, di mana akan mengurangi jumlah pajak yang disetorkan atau hingga tidak melakukan pembayaran pajak terutangnya dengan cara yang tidak sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku. Dari dua pengertian yang telah disebutkan, terlihat bahwa Tax Fraud dan Tax Evasion memang merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. Tetapi, ada perbedaan antara kedua hal tersebut yang harus diketahui. Perbedaannya bisa dilihat dari sisi hal yang menjadi akibat terjadinya pelanggaran.

Tax Fraud bisa terjadi pada saat terdapat berbagai data dan informasi pajak yang dipalsukan, yang bisa menjadi akibat dari berbagai tuduhan kejahatan perpajakan. Sementara itu, tax evasion bisa terjadi pada saat wajib pajak mengalami tidak patuh terhadap urusan perpajakannya dengan menggunakan berbagai cara ilegal untuk melakukan penghindaran pembayaran kewajiban pajaknya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Tax Fraud dan Tax Evasion merupakan jenis perbuatan yang pastinya melanggar kebijakan perpajakan.

Sangat penting untuk tidak melakukan kedua hal tersebut karena bisa saja termasuk sebagai pelanggaran. melakukan kedua hal tersebut karena bisa saja termasuk sebagai pelanggaran yang serius. Sehingga, untuk menghindari hal ini wajib pajak bisa berkonsultasi pada konsultan pajak Jakarta dan melakukan pengelolaan pajak yang semakin efisien.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags