Mempersiapkan Lapor SPT Tahunan Badan dengan Ekualisasi Pajak

Mempersiapkan Lapor SPT Tahunan Badan dengan Ekualisasi Pajak

Jasa Konsultan Pajak – Konsultan pajak Jakarta bisa membantu Anda untuk mengatasi berbagai kendala yang sedang dihadapi dalam bidang perpajakan. Mereka akan membantu anda untuk Melakukan pengelolaan kewajiban pajak dengan efisien dan efektif. Seperti halnya ketika perusahaan ingin melakukan ekualisasi terhadap Pajak Penghasilan badan dan Pajak Pertambahan Nilai untuk mempersiapkan lapor Surat Pemberitahuan Tahunan. Equalisasi adalah suatu proses penyamaan yang dilaksanakan supaya bisa menentukan ada maupun tidaknya perbedaan nilai terhadap sebuah informasi yang berkaitan. Data equal akan menjadi sebuah bukti yang mengindikasikan bahwa wajib pajak telah patuh terhadap berbagai jenis pajak yang di ekualisasi.

Selain itu, nantinya juga akan ada perbedaan jumlah saldo yang muncul ketika proses ekualisasi, maka harus dipastikan dan bisa dijelaskan bagaimana penyebabnya. Perlu diketahui bahwa salah satu bentuk ekualisasi yang biasanya dilakukan oleh perusahaan saat mempersiapkan Surat Pemberitahuan Tahunan badan, yakni ekualisasi PPN dan PPh badan. Jenis ekualisasi ini pastinya akan bermanfaat untuk perusahaan, supaya bisa memastikan bahwa semua penghasilan yang terlapor dalam Surat Pemberitahuan Tahunan PPh badan bisa dipungut, sekaligus Pajak Pertambahan Nilainya sudah sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku.

Ekualisasi Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penghasilan badan dapat dilakukan dengan cara melakukan perbandingan pada Jumlah penghasilan yang terdapat pada formulir 1771-I Surat Pemberitahuan Tahunan badan dengan jumlah satu tahun objek Pajak Pertambahan Nilai yang terdapat dalam SPT masa PPN. Bentuk ketidaksamaan jumlah nilai yang muncul ketika proses ekualisasi ini, umumnya berupa perbedaan nilai dari peredaran usaha pada Surat Pemberitahuan Tahunan, yang mana berbeda dengan nilai penyerahan dalam Surat Pemberitahuan masa PPN-nya.

Proses ekualisasi Pajak Penghasilan badan dan Pajak Pertambahan Nilai pun bisa memberikan identifikasi terhadap ada maupun tidaknya perbedaan nilai pembelian pada Surat Pemberitahuan Tahunan, dengan nilai pajak masukan di SPT Masa Pajak Pertambahan Nilai. Di samping itu, wajib pajak bisa mendapatkan informasi terhadap perbedaan komponen biaya dengan Surat Pemberitahuan masa untuk kewajiban pemungutan dan pemotongan Pajak Pertambahan Nilai jika memang ada. Terdapat beberapa keadaan yang penting untuk diperhatikan oleh wajib pajak ketika melakukan equalisasi PPN dan PPh badan, antara lain:

  • Penghasilan pada Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan telah diakui, namun pada Surat Pemberitahuan Pajak Pertambahan Nilai belum
  • Nantinya akan ada penerimaan uang muka atau yang seringkali disebut dengan downpayment
  • Ada penjualan atau penghasilan yang termasuk sebagai objek Pajak Penghasilan Namun bukan termasuk sebagai objek Pajak Pertambahan Nilai

Baca Juga: Langkah Kritis untuk Menghindari Risiko Pajak Tinggi dengan Implementasi PMK 66/2023

  • Bukan merupakan penghasilan dalam Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan, namun termasuk sebagai objek pemungutan Pajak Pertambahan Nilai
  • Ada penyerahan pada pemungut Pajak Pertambahan Nilai
  • Termasuk sebagai komponen yang deductible expense, tetapi masuk non taxable income atau pendapatan tidak kena pajak
  • Terjadi penyerahan pada akhir tahunnya.

Pada umumnya, pemeriksa pajak pun akan menjalankan proses ekualisasi untuk memastikan apakah tidak terdapat indikasi bahwa wajib pajak abai terhadap kewajiban perpajakan mereka. Sehingga, perusahaan bisa terlebih dahulu melakukan ekualisasi PPh badan dan PPN dengan bantuan konsultan pajak Jakarta.

Ekualisasi atau juga yang bisa disebut dengan rekonsiliasi merupakan salah satu bentuk dari teknik pemeriksaan yang mana telah tercantum dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-65/PJ/2013 mengenai pedoman penggunaan metode dan teknik pemeriksaan. Metode yang dapat dilakukan untuk memastikan berbagai indikasi di atas, adalah dengan melakukan pencocokan terhadap saldo 2 maupun lebih angka yang memiliki hubungan satu sama lain.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags