Wajib Pajak Harus Tahu Perbedaan Mendasar Tax Deduction dan Tax Relief

Konsultan pajak Jakarta adalah orang-orang yang akan membantu wajib pajak menyelesaikan urusan perpajakan maupun membantu pengelolaan perpajakan agar semakin efisien. Penting untuk diketahui bahwa pada era globalisasi seperti ini dengan ekonomi yang semakin berkembang, pastinya kebijakan pajak memiliki peran yang sangat penting untuk menggerakkan roda perekonomian sebuah negara. Kebijakan tersebut bukan hanya merupakan sumber pendapatan utama untuk pemerintah, namun juga merupakan instrumen untuk memberikan dorongan pada investasi, dan memberikan peningkatan daya saing industri, maupun memberikan kesejahteraan pada masyarakat dari suatu negara tersebut.

Di Indonesia sendiri, pemerintah sudah memberikan penerapan atas banyak bentuk pengurangan pajak dan keringanan pajak yang dirancang agar bisa menstimulus pertumbuhan ekonomi dan memberikan kepastian yang berkelanjutan pada pembangunan. Tax deduction atau pengurangan pajak sekaligus tax relief atau keringanan pajak adalah bagian krusial dari strategi fiskal yang tujuannya untuk memberikan dukungan pada berbagai sektor tertentu, mengurangi beban bagi wajib pajak baik individu atau perusahaan merangsang aktivitas perekonomian. Pada dasarnya, tax deduction dan tax relief adalah dua konsep pajak yang berbeda.

Tax deduction adalah konsep pajak yang merujuk pada pengurangan secara langsung dari PKP atau penghasilan kena pajak sebelum penghitungan pajak dilakukan. Hal tersebut dapat terjadi pada level penghasilan bruto, yang mana berbagai biayanya mulai dari gaji karyawan, biaya operasional, bunga pinjaman, dan penyusutan aset tetap bisa diambil sebagai pengurangan pajak untuk suatu perusahaan atau badan usaha. Sedangkan, tax relief merupakan insentif pajak yang dapat memberikan pengurangan pajak pada wajib pajak sesudah penghitungan pajak dilakukan. Pengurangan pajak ini umumnya diberikan dalam bentuk pengurangan pajak untuk aktivitas tertentu maupun dalam kondisi tertentu, misalnya pembebasan pajak Pada kurun waktu tertentu seperti tax holiday, penanaman modal, maupun pengurangan pajak atas barang impor tertentu.

Sehingga, perbedaan utama dari dua konsep perpajakan ini adalah terletak pada waktu kapan pengurangan tersebut dilakukan pada saat proses penghitungan pajak. Tax deduction dapat memberikan pengurangan pajak sebelum penghitungannya dilakukan, sementara task relief akan memberikan keringanan sesudah penghitungan pajak dilakukan. Tentu saja sebagai wajib pajak harus memahami perbedaan dari kedua hal ini, agar nantinya bisa menerapkannya dalam pengelolaan pajak. Atau apabila masih bingung Anda bisa berkonsultasi pada konsultan pajak Jakarta.

Baca Juga: Syarat dan Jenis Keberatan Pajak yang Bisa Diajukan Melalui e-Objection DJP Online

Jenis Tax Deduction

PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak

Dalam hal ini, tax deduction dapat digunakan untuk mengurangi PKP atau penghasilan kena pajak orang pribadi. Besarannya pastinya akan tergantung dari jenis status wajib pajak.

Pengurangan untuk Biaya

Pengurangan ini termasuk untuk berbagai biaya yang bisa dikurangkan dari penghasilan bruto untuk melakukan penghitungan PKP atau penghasilan kena pajak badan usaha.

Super Deduction

Merupakan jenis pengurangan pajak penghasilan pada bruto yang mencapai 200% sampai 30% untuk aktivitas tertentu, misalnya penelitian dan pengembangan serta pelatihan vokasi.

Jenis Tax Relief

Tax Allowance

Keringanan pajak yang satu ini akan mengurangi penghasilan neto sebesar 30% dari jumlah penanaman modal yang diberikan, yang mana akan dikenakan selama 6 tahun masing-masing adalah sejumlah 5% per tahunnya.

Tax Holiday

Jenis pajak ini termasuk sebagai pembebasan atau pengurangan pajak penghasilan badan Pada kurun waktu tertentu.

Fasilitas Pengurangan atau Pembebasan Bea Masuk

Fasilitas seperti ini akan membebaskan atau mengurangi bea masuk terhadap barang impor dan barang bahan baku yang akan diolah dan dilakukan ekspornya kembali.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Comments are disabled.