Peluang dan Tantangan yang Dihadapi Pemerintah dalam Mencari Potensi Pajak Perusahaan Multinasional

Konsultan pajak Jakarta merupakan spesialis perpajakan yang akan membantu Anda, baik wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan untuk menyelesaikan berbagai urusan perpajakan. Bahkan ketika Anda mengalami perselisihan atau permasalahan pajak, maka konsultan pajak bisa memberikan konsultasi perpajakan terbaik untuk Anda. Di samping itu, sebagai wajib pajak tidak kalah penting untuk mengetahui berbagai perkembangan berita pajak di dalam negeri, agar Anda sebagai wajib pajak bisa melakukan pengelolaan pajak dengan upaya terbaik. Seperti halnya Anda harus tahu bahwa pemerintah memiliki ambisi untuk semakin mencari potensi atas pajak perusahaan global. Untuk mengetahui peluang dan tantangannya, ulasan berikut ini akan membahas dengan lebih lanjut.

Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan memberikan kesan yang cukup ambisius atas komitmennya untuk melakukan penerapan perjanjian pajak secara global. Penerapan perjanjian tersebut akan semakin memberikan keluasan dasar perpajakan atas perusahaan multinasional atau perusahaan global yang bertransensi secara lintas negara. Hal tersebut dapat menjadi harapan bahwa bisa memberikan peningkatan penerimaan negara di bidang perpajakan. Menteri Keuangan Sri Mulyani juga memberikan penjelasan, bahwa komitmen Indonesia dalam melakukan penerapan perjanjian pajak secara global ini adalah peluang untuk semakin memperluas dasar perpajakan, melalui perpajakan perusahaan multinasional yang beroperasi dalam skala internasional.

Sebagai upaya memberikan peningkatan pada penerimaan pajak, pemerintah pun akan memperluas dasar perpajakan dan meningkatkan kepatuhan dari wajib pajak. Upaya memperluas basis pajak dan pengawasan penuh atas kewajiban perpajakan dibutuhkan untuk meminimalkan risiko dari sektor ekonomi yang cukup rentan atas fluktuasi harga komoditas dan dinamika global. Upaya untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak akan dilaksanakan melalui pengawasan yang berdasar pada implementasi reformasi administrasi dan berdasarkan wilayah, meliputi peningkatan kerjasama antar instansi dan integrasi teknologi.

Karena bagaimanapun juga sebagai wajib pajak tidak kalah penting untuk mematuhi seluruh kebijakan pajak. Anda tidak perlu khawatir, karena pada saat ini Anda sudah bisa berkonsultasi pada konsultan pajak Jakarta, apapun permasalahan pajaknya akan segera diatasi.

Baca Juga: Solusi Penyelesaian Sengketa Pajak: Mengenal Apa itu Alternative Dispute Resolution

Penerapan Pilar Dua Perpajakan Internasional

Pemerintah Indonesia memiliki rencana untuk melakukan penerapan pilar 2 perpajakan internasional di tahun 2025 untuk mengatasi tantangan perpajakan yang muncul dari ekonomi digital dan globalisasi. Bila dua tersebut akan berhubungan dengan isu BEPS (Base Erosion and Profit Shifting) dan mengenalkan tarif pajak efektif minimum Global jumlah 15% bagi perusahaan multinasional yang memiliki pendapatan konsolidasi di atas 750 juta euro.

Apa Saja Peluang dan Tantangan yang Dihadapi?

Gagasan mengenai pajak minimum global timbul sebagai respons atas tantangan yang didapatkan oleh yurisdiksi perpajakan pada ekonomi digital, yang mana perusahaan global atau multinasional bisa beroperasi di banyak negara tanpa batasan geografis tertentu. Hal tersebut akan akan memberikan kesulitan pada otoritas pajak untuk mencegah penghindaran pajak melalui profit shifting, yang mana perusahaan bisa melakukan pengalihan keuntungan ke negara yang mempunyai tarif pajak rendah. Sehingga, untuk mencegah aktivitas legal seperti ini, OECD telah melakukan penerbitan Base Erosion and Profit Shifting Action Plan pada 2013, lalu diadopsi menjadi Pilar Dua Global anti base erotion atau GloBE.

Pajak minimum Global bertujuan untuk melakukan pencegahan perang insentif pajak antar negara, yang bisa mengurangi efektivitas insentif fiskal ketika ingin menarik investasi asing secara langsung. Penelitian telah menunjukkan bahwa insentif pajak seperti halnya tax allowance dan tax holiday mempunyai peran yang penting untuk menarik investasi asing masuk ke Indonesia secara langsung.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Comments are disabled.