Konsultan Pajak Mataram Bahas Tapera Diundur, Pemerintah Tetap Terapkan Tapera di 2027

Jasa Pajak – Konsultan pajak Mataram dapat membantu segala urusan perpajakan anda menjadi lebih mudah, bahkan ketika anda tidak mengetahui kebijakan pajak apa yang tepat yang harus dilakukan. Sehingga, sangat penting bagi wajib pajak untuk mengetahui berbagai update berita perpajakan yang sedang ramai diperbincangkan pada saat ini. Seperti halnya bahwa pemerintah memastikan bahwa tapera atau tabungan Perumahan Rakyat akan tetap berlaku di tahun 2027.

Hal ini seperti yang telah dinyatakan oleh pemerintah melalui Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Ketua Komite BP Tapera, bahwa Basuki sempat berdiskusi Menteri Keuangan yang berhubungan dengan penundaan penerapan program tapera atau tabungan Perumahan Rakyat ini.

Isi dari skema penundaan ini pun semakin diperkuat apabila terdapat usulan dari DPR maupun MPR untuk dilakukan pengundurannya. Basuki menegaskan bahwa pemerintah tidak akan terlalu buru-buru untuk menerapkan program tabungan Perumahan Rakyat apabila dirasa memang belum benar-benar siap. Besok juga membantah anggapan pemerintah yang memiliki sifat pasif saat memenuhi kebutuhan Perumahan Rakyat.

Program FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan)

Pada saat ini, pemerintah telah memberikan penyediaan subsidi bunga melalui program FLPP atau singkatan dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, yang mana telah berjalan dengan cukup baik. Program yang sudah diluncurkan sejak tahun 2010 ini sudah memperoleh banyak dorongan dari APBN sejumlah Rp105 triliun. Menurut Basuki, bahwa program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan seperti ini sudah menunjukkan bahwa pemerintah mempunyai komitmen dalam memberikan dukungan untuk kebutuhan rumah masyarakat, meskipun tabungan Perumahan Rakyat belum diterapkan. Dirinya juga memaklumi bahwa masyarakat bereaksi keras berkaitan dengan informasi pengimplementasian dari tabungan Perumahan Rakyat.

Tapera yang Disempurnakan

Masyarakat yang bereaksi keras terhadap program tabungan Perumahan Rakyat ini dapat dilihat bahwa masyarakat menyampaikannya melalui banyak media, seperti salah satunya adalah media sosial, yang mana membuat pemerintah merasa perlu untuk melakukan penyempurnaan dan persiapan, bahkan hingga memastikan bahwa seluruh pihak-pihak yang berkaitan siap sebelum melakukan program seperti ini. Langkah tersebut pun bisa dimanfaatkan pemerintah supaya bisa meredam reaksi masyarakat, serta memberikan sosialisasi terhadap manfaat dan bagaimana mekanisme tabungan Perumahan Rakyat kepada masyarakat.

Baca Juga: Mengenal Pajak Penghasilan Freelancer dan Perhitungannya Bersama Konsultan Pajak Kupang Profesional

Implementasi Tapera

Heru Pudyo Nugroho selaku Komisioner Badan Pengelola Tapera (BP Tapera) memberikan pernyataan, bahwa pada saat ini pihak dari badan pengelola belum Berencana untuk melaksanakan perluasan mandatory program tabungan Perumahan Rakyat tersebut, sebagaimana telah tercantum pada PP (Peraturan Pemerintah) No. 25 Tahun 2020. Heru juga memberikan ungkapan, bahwa dari pihak badan pengelola tabungan Perumahan Rakyat pada saat ini masih melaksanakan pembenahan tata kelola lembaga yang baru.

Bahkan juga pada pihaknya pun belum akan melakukan pemungutan iuran program tabungan Perumahan Rakyat pada ASN atau aparatur sipil negara. Apabila anda adalah salah satu wajib pajak yang kebingungan bagaimana cara melakukan pengelolaan pajak, maka anda bisa bertanya atau berkonsultasi pada konsultan pajak Mataram.

Basuki telah menegaskan bahwa program tabungan Perumahan Rakyat ini akan berlaku dengan penuh pada saat nanti tahun 2027. Iya belum dapat memastikan Apakah pemerintah akan melakukan revisi atau pembatalan Peraturan Pemerintah Nomor 21 tahun 2024 mengenai tabungan Perumahan Rakyat. Pernyataan Basuki ini tentu saja mematahkan angin segar terhadap penundaan program tabungan Perumahan Rakyat, yang mana sebelumnya telah sempat disebutkan. Basuki pun menyatakan bahwa penerapan program tabungan Perumahan Rakyat bisa diundur apabila telah ada usulan dari Dewan Perwakilan Rakyat.

Apabila Anda yang berada di Mataram memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Mataram profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Comments are disabled.