Konsultan Pajak Tanjung Selor Bahas Mengapa Restitusi Pajak Melonjak Hingga Rp110,64 Triliun di April 2024

Konsultan Pajak Jakarta – Konsultan pajak Tanjung Selor akan membantu urusan perpajakan anda menjadi semakin mudah. Bahkan ketika anda mengalami kendala perpajakan yang sangat sulit untuk diatasi sendiri, mereka bisa mengatasinya dengan lebih efektif dan efisien. Namun, sebagai wajib pajak tidak kalah penting untuk mengetahui berbagai titik perkembangan berita perpajakan pada saat ini. Seperti halnya pada saat ini tercatat bahwa restitusi pajak telah mengalami peningkatan sampai Rp110,64 triliun Pada bulan April 2024, apa penyebabnya? Untuk mengetahui apa sebab restitusi pajak meningkat di April 2024, maka simak terus ulasan berikut ini.

Realisasi restitusi pajak atau pengembalian pajak telah mengalami lonjakan yang signifikan sampai bulan April tahun 2024. Menurut data yang dipaparkan oleh DJP atau Direktorat Jenderal Pajak, tingkat pengembalian pajak ini per 30 April 2024 telah mencapai Rp110,64 triliun. diketahui bahwa angka tersebut meningkat sebanyak 81,67% daripada periode yang sama di tahun lalu, yang mana pengembalian pajaknya tercatat sejumlah Rp60,9 triliun. pengamat pajak dari Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Fairy Akbar, Memberikan pernyataan bahwa peningkatan pada pengembalian ini terjadi disebabkan karena jumlah angsuran PPh 25 atau Pajak Penghasilan pasal 25 yang disetorkan oleh perusahaan lebih besar dibandingkan dengan yang semestinya.

Peningkatan restitusi pajak tersebut juga berhubungan dengan adanya fluktuasi harga komoditas di Tahun 2022 hingga 2023, yang menjadi penyebab angsuran Pajak Penghasilan pasal 25 dibayarkan lebih besar dari pajak yang semestinya terutang, sehingga perusahaan yang melakukan pengembalian pajak di tahun 2024. Meskipun ada beberapa perusahaan yang melakukan permohonan untuk pengurangan angsuran Pajak Penghasilan pasal 25, namun tetap saja bahwa realisasi dari pengembalian pajak ini mengalami lonjakan yang signifikan. Di samping itu, kenaikan restitusi ini juga terjadi pada PPN atau pajak pertambahan nilai pada awal tahun 2024, walaupun bersifat temporer.

Konsumsi masih kuat dan indeks PMI manufaktur terdapat dalam level ekspansif, yang mana hal ini ditunjukkan dari data makro. Berdasarkan penjelasan Fajry, peningkatan restitusi pajak pertambahan nilai ini dikarenakan ekspansi usaha yang dilaksanakan oleh perusahaan. Ada banyak perusahaan yang membeli bahan baku dan mesin, sehingga pajak masukan menjadi meningkat. Tetapi produksi yang dihasilkan dari pembelian tersebut tidak secara langsung dijual, baik itu dikarenakan adanya proses distribusi yang menjadi penyebab perbedaan waktu sehingga terjadi lebih bayar, maupun karena proses produksi yang memakan banyak waktu.

Baca Juga: Mengenal Surat Setoran Elektronik Pajak: Pengelolaan Pajak Digital pada Masanya

Di sisi lain, peningkatan restitusi pajak pertambahan nilai ini dikarenakan kebutuhan pendanaan korporasi pada saat keadaan likuiditas yang ketat. Kenaikan BI rate atau suku bunga acuan Bank Indonesia dan fed fund rate menyebabkan perusahaan seringkali mencari pendanaan secara internal, seperti halnya dari piutang pajak. Kenaikan dari BI rate atau suku bunga acuan oleh Bank Indonesia dan fed fund rate oleh Federal Reserve, menyumbang kontribusi pada ketatnya likuiditas, jadi korporasi penting untuk mencari sumber pendanaan yang berasal dari internal.

Sehingga, Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil manfaat dari piutang pajak, yang mana bisa menjadi penyebab dari peningkatan permohonan restitusi pajak pertambahan nilai. Diketahui bahwa secara menyeluruh, peningkatan pengembalian pajak di awal tahun 2024 ini mencerminkan bahwa dinamika ekonomi yang kompleks dan keputusan strategis perusahaan dalam melakukan pengelolaan kewajiban perpajakan. Apabila perusahaan ingin menyelesaikan berbagai urusan perpajakan, maka bisa berkonsultasi dengan konsultan pajak Tanjung Selor, yang membantu berbagai kendala perpajakan.

Apabila Anda yang berada di Tanjung Selor memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Tanjung Selor profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Comments are disabled.