Mengoptimalkan Penggunaan Resale Price Method dalam Transfer Pricing

Mengoptimalkan Penggunaan Resale Price Method dalam Transfer Pricing

Jasa Konsultan Pajak – Wajib pajak yang belum memahami secara pasti bagaimana cara untuk mengelola kewajiban perpajakan, pada dibantu oleh konsultan pajak Jakarta. Konsultan pajak seperti ini merupakan profesional pajak yang bisa membantu segala urusan perpajakan dari wajib pajak.

Seperti halnya dalam aktivitas transfer pricing sebuah perusahaan, pastinya profesional pajak dapat membantu mengelola kewajiban pajak terkait dengan hal tersebut. Dalam transfer pricing terdapat istilah resale price. Ulasan Berikut ini akan membahas lebih lanjut mengenai metode resale price pada transfer pricing.

Apa itu Metode Resale Price?

Resale Price Method (RPM) atau juga tidak jarang disebut dengan istilah metode harga penjualan kembali, yakni sebuah metode untuk melakukan penentuan harga transfer yang dilaksanakan untuk melakukan perbandingan harga pada sebuah transaksi suatu produk.

Hal tersebut dilakukan dengan berbagai pihak yang mempunyai hubungan istimewa dengan harga jual kembali barang tersebut sesudah dikurangkan dengan laba kotor wajar, yang mana akan mencerminkan aset, fungsi, sekaligus risiko atas penjualan kembali sebuah barang tersebut pada pihak lain, yang tidak mempunyai hubungan istimewa atau dapat berarti penjualan kembali produk dengan kondisi wajar.

Kapan Metode Resale Price ini Dipergunakan?

Tentu saja terdapat kondisi yang paling tepat untuk melakukan Penerapan metode harga penjualan kembali atau Resale Price Method (RPM) ini, yakni ketika tingkat kesinambungan antara transaksi wajib pajak yang mempunyai hubungan istimewa dengan transaksi yang terjadi antara wajib pajak yang tidak mempunyai hubungan istimewa.

Terutama adalah pada tingkat yang menurut analisis fungsi, meskipun produk baik itu barang maupun jasa yang diperjualbelikan tidak sama. Pada kondisi pihak penjual kembali atau pihak reseller, maka tidak memberikan nilai tambah yang signifikan untuk jasa maupun barang yang diperjualbelikan.

Baca Juga: Kewajiban dan Fungsi Faktur Pajak Bagi Penjual Bukan Pengusaha Kena Pajak

Pertimbangan dalam Menggunakan Metode Resale Price

Karakteristik Produk

Berhubungan dengan kondisi sebuah transaksi dengan kegiatan atau proses yang mempunyai sifat unik maupun mempunyai akibat pada peningkatan nilai produk atau juga seiring disebut dengan valuable intangible or unique, produk yang mempunyai tingkat komparabilitas lebih tinggi akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Jika penyesuaian atas produk tidak dapat dilakukan, tetapi karakteristik lainnya yang sebanding, maka untuk metode resale price akan dinilai lebih tepat (andal) dibandingkan dengan metode CUP.

Penambahan Nilai Produk

Perlu diketahui bahwa resale margin akan lebih mudah ditentukan jika reseller tidak menambahkan nilai yang sifatnya substansional pada produk, hal tersebut adalah yang perlu dipertimbangkan selanjutnya dalam Resale Price Method (RPM). Tetapi, jika reseller merubah produk yang sifatnya adalah pada materialnya, seperti menyatukan komponen atau melakukan penambahan tertentu supaya menjadi finished good, maka harga wajar akan cukup sulit untuk ditentukan dengan menggunakan metode harga penjualan kembali.

Aktivitas yang Dilakukan Distributor

Hal lain yang penting dipertimbangkan, yakni berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan oleh distributor maupun reseller dalam menerapkan Resale Price Method (RPM). Misalnya Apakah reseller hanya melakukan perannya sebagai forwarding agent maupun juga menanggung risiko atas kepemilikan barang? Dengan aktivitas yang lebih kompleks dan risiko yang besar, maka akan berdampak pada resale price Margin yang semakin tinggi. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya.

Sehingga, dalam penerapan pajaknya tentu saja akan cukup rumit, Jadi anda bisa memanfaatkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta untuk mengelola kewajiban perpajakan terkait dengan Resale Price Method (RPM).

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags