Solusi Terbaik untuk Mengatasi Utang Pajak Anda

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Utang Pajak Anda

Konsultan Pajak – Menurut Undang-Undang Penagihan Pajak Pasal 1 Angka 8, yang dimaksud dari utang pajak adalah pajak yang masih harus terus dibayarkan, yang mana termasuk di dalamnya adalah sanksi administrasi yang berupa denda, bunga, maupun kenaikan yang tertera pada sebuah Surat Ketetapan Pajak atau SKP maupun surat sejenis yang mana disesuaikan dengan ketentuan peraturan undang-undang perpajakan yang berlaku.

Tentu saja utang pajak seperti ini akan memberatkan seseorang sebagai wajib pajak. Untuk itu, supaya Anda tidak memiliki utang pajak, lebih baik Anda meminta saran atau memanfaatkan jasa dari konsultan pajak Jakarta. Anda bisa dibantu mengatasi segala urusan perpajakan jika tidak paham mengenai tata kelola perpajakan.

Bagaimana Bisa Timbul Utang Pajak?

Perlu diketahui bahwa hutang panjang timbul memiliki peran yang sangat penting pada perpajakan, karena hal ini berhubungan dengan pembayaran pajak, menentukan ketika dimulai dan ketika berakhirnya sebuah jangka waktu daluwarsa, sebagai penentu jumlah sanksi hingga denda administrasi yang lain, memasukkan surat keberatan, serta akan bermanfaat untuk melakukan penerbitan Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar, Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan, dan yang lain. Ketika pengakuan terjadinya utang pajak, akan terdapat dua ajaran yang melakukan pengaturan berkaitan dengan timbulnya utang pajak, yakni Ajaran Formil dan Ajaran Materiil.

Ajaran Formil

Ajaran formil merupakan utang pajak yang timbul karena pengeluaran Surat Ketetapan Pajak atau SKP oleh fiskus maupun pemerintah. Dalam Surat ketetapan yang satu ini bisa diketahui berbagai informasi, mulai dari menentukan seseorang dikenakan pajak atau tidak pada bentuk jumlah pajak yang wajib dibayarkan, sekaligus berisi tentang informasi yang berkaitan dengan jangka waktu pembayarannya. Ajaran seperti ini sejalan dengan sistem pemungutan pajak yang mana official assessment system.

Ajaran Materil

Sedangkan, yang dimaksud dengan ajaran materiil yakni merupakan utang pajak yang timbul karena pemberlakuan peraturan undang-undang perpajakan. Dalam teori yang satu ini, wajib pajak akan secara aktif untuk hal melakukan penentuan dirinya Apakah dikenakan pajak maupun tidak dikenakan pajak sesuai dengan ketentuan undang-undang pajak yang berlaku. Ajaran yang satu ini juga sejalan dengan sistem pemungutan pajak, namun berbeda yakni lebih tepatnya adalah pada self assessment system.

Baca Juga: Mengetahui Lebih Lanjut tentang Surat Setoran Pajak untuk Pengusaha

Apa Penyebab Hapusnya Utang Pajak?

  • Pembayaran. Apabila utang pajak sudah dibayar oleh wajib pajak yang memiliki utang pajak, maka utang pajak tersebut juga akan otomatis dihapuskan.
  • Restitusi atau kompensasi. Apabila wajib pajak mempunyai kelebihan dalam pembayaran pajak dalam masa atau periode sebelumnya, maka kompensasi terhadap kelebihan itu bisa saja terjadi. Jumlah dari kelebihan dalam pembayaran yang diterima oleh wajib pajak sebelumnya maka harus dikompensasikan pada pajak yang lainnya yang mana masih terutang. Dalam hal ini anda bisa memanfaatkan jasa dari konsultan pajak Jakarta untuk membantu anda melakukan penghapusan utang pajak.
  • Daluwarsa. Daluwarsa yang berarti juga lewat waktu adalah salah satu bentuk dari berakhirnya sebuah utang pajak dan dihapuskannya perikatan atau hak untuk melakukan penagihan atau kewajiban untuk membayar utang pajak. Hal tersebut dikarenakan dari lampaunya waktu tertentu yang mana lebih lanjut telah diatur dalam ketentuan undang-undang pajak yang berlaku.
  • Pembebasan dan penghapusan. Untuk wajib pajak yang melakukan penunggakan pajak, lalu sesudah dilakukannya penelitian didapatkan wajib pajak sudah meninggal maupun pailit, serta tidak memiliki ahli waris maka bisa diusulkan supaya utang pajak tersebut dihapuskan, maupun apabila yang bersangkutan melakukan pengajuan keberatan pajak pada mahkamah pengadilan pajak yang berkaitan dengan besarnya pajak terutang yang harus dibayarkan.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags