Berbagai Basis Penyusunan Tax Planning untuk Pelaku Bisnis

Berbagai Basis Penyusunan Tax Planning untuk Pelaku Bisnis

Jasa Konsultasi PajakTax planning adalah upaya yang biasanya digunakan untuk melakukan peningkatan efisiensi beban pajak dengan memodifikasi proses transaksi maupun aktivitas keuangan, tentu saja dengan tetap menjaga kepatuhan sebagai wajib pajak atas kebijakan pajak yang berlaku. Biasanya tax planning ini akan dibantu oleh konsultan pajak Jakarta. Wajib pajak bisa berkonsultasi dengan konsultan pajak agar lebih efisien dalam merencanakan tax planning. Untuk lebih jelasnya ulasan berikut ini akan membahas mengenai tax planning dan berbagai dasar penyusunannya.

Mengenal Tax Planning

Tax planning merupakan cara untuk meminimalkan beban pajak dengan tidak melakukan pelanggaran pada berbagai kebijakan pajak yang berlaku. Perencanaan pajak atau tax planning sendiri termasuk sebagai proses dari upaya wajib pajak untuk menjaga perekonomiannya dengan cara meminimalisasi utang pajak dengan cara yang legal dan benar, sehingga wajib pajak bisa terus melakukan pembayaran kewajiban perpajakannya.

Mengingat bahwa pemerintah sendiri pun memerlukan penerimaan pajak sebagai pendapatan negara untuk menjalankan berbagai kepentingan negara, sehingga perencanaan pajak adalah cara yang bisa digunakan oleh wajib pajak untuk melakukan pengurangan pada beban pajak dengan cara yang legal.

Apa Saja Jenis Perencanaan Pajak?

Jenis tax planning merupakan salah satu hal yang tidak boleh terlewat untuk dipahami oleh pengusaha atau pelaku bisnis ketika melakukan penyusunan tax planning. Pada umumnya, jenis tax planning akan dikategorikan menjadi dua, antara lain:

Perencanaan Pajak Nasional

Perencanaan pajak nasional atau national tax planning merupakan perencanaan pajak yang mana pedomannya adalah pada kebijakan perpajakan domestik atau dalam negeri. Perencanaan pajak ini basisnya adalah pada peraturan perundang-undangan perpajakan negara, yang mana dipergunakan oleh wajib pajak badan maupun wajib pajak orang pribadi berbasis usahanya dalam negeri atau di Indonesia.

Baca Juga: IKH Online: Ketahui Syarat Permohonan Izin Kuasa Hukum

Di samping itu, perencanaan pajak yang satu ini juga biasanya dipergunakan untuk bisnis yang bertransaksi dengan wajib pajak dalam negeri saja, dalam artian tidak bekerja sama dengan pihak luar negeri.

Perencanaan Pajak Internasional

International tax planning atau perencanaan Pajak Internasional merupakan perencanaan pajak yang mana dasarnya adalah menurut ketentuan perundang-undangan perpajakan negara lain atau perjanjian pajak negara lain, yang mana seringkali disebut dengan tax treaty. Tax planning yang satu ini digunakan oleh wajib pajak badan maupun wajib pajak orang pribadi yang dasar bisnisnya dalam negeri maupun di luar negeri. Sehingga ketika melakukan penyusunan tax planning wajib untuk memperhatikan berbagai kebijakan atau peraturan maupun perjanjian pajak yang berasal dari berbagai negara lainnya.

Tips Merencanakan Tax Planning PPh

  • Bukan pemilihan pada jenis Pajak Penghasilan atau PPh yang cocok dengan jenis kategori bisnis yang dijalankan
  • Memperhatikan dengan betul kredit pajak dari penyetoran PPh atau Pajak Penghasilan
  • Mengambil manfaat dari insentif pajak yang sedang berlaku
  • Melakukan tax avoidance dengan cara yang tepat dan benar
  • Melakukan pembayaran dan pelaporan Pajak Penghasilan atau PPh dengan tepat waktu dan benar.

Beberapa hal yang telah disebutkan di atas merupakan sedikit upaya untuk lebih mengenal mengenai Apa itu tax planning Dan berbagai hal yang harus diperhatikan saat menyusun perencanaan pajak. Apakah Anda sudah mulai melakukan perencanaan pajak untuk bisnis atau perusahaan Anda? Melakukan perencanaan pajak yang baik dengan bantuan konsultan pajak Jakarta Anda bisa melakukan penghematan untuk pengeluaran pajak yang nantinya akan Anda bayarkan. Bahkan pengelolaan administrasi pajak perusahaan Anda kedepannya akan semakin mudah pula.

Apabila Anda yang berada di Jakarta memiliki permasalahan pajak, dan membutuhkan bantuan dari konsultan pajak Jakarta profesional terpercaya, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk melakukan konsultasi pajak secara online. Agar pembayaran pajak bisnis Anda optimal dan tidak mahal.

Tags: No tags