Apa Saja Tahap-tahap Proses Audit Sebuah Perusahaan

Apa Saja Tahap-tahap Proses Audit Sebuah Perusahaan

Konsultan PajakSetiap perusahaan perlu melalui proses yang namanya audit keuangan. Tujuan dari proses ini ialah melakukan evaluasi kondisi keuangan dari suatu perusahaan. Dalam prosesnya, ada beberapa tahap  yang perlu anda diketahui, di antaranya ialah :

Tahap Perencanaan

Pada tahap ini dimulai dari mengembangkan strategi di awal audit, kemudian pelaksanaan prosedur dan analisis, serta mempertimbangkan terkait tingkat material awal.

Saat melakukan proses pengembangan strategi awal audit, dilakukanlah pengumpulan dan evaluasi bukti yang ada di dalam laporan keuangan yang diberikan oleh pihak manajemen perusahaan.

Proses berikutnya adalah pelaksanaan prosedur audit dan analisis. Informasi keuangan yang didapat oleh auditor,selanjutnya akan ditelaah lebih lanjut dalam hubungannya dengan data keuangan perusahaan yang satu dengan data keuangan yang lain.

Bagian terakhir dari tahap perencanaan dilakukan penilaian tingkat materialitas awal pada laporan keuangan. Auditor yang menilai berdasarkan kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan.

Tahap Uji Informasi

Tahap selanjutnya adalah pengujian informasi. Semu informasi dan data yang dikumpulkan akan selama proses audit lapangan akan di analisa. Ditahap ini juga auditor akan memetakan masalah yang berkemungkinan muncul.

Perusahaan sebaiknya menempatkan pengawas yang mengawasi kinerja dari auditor agar tidak terjadi kecurangan. Selain itu hasil yang didapat juga diharapkan objektif dan tepat sasaran.

Baca juga : Sudahkah Anda Mengetahui Apa Itu Restitusi Pajak?

Tahap Analisa Hasil

Tahap berikutnya ialah analisa hasil. Pada tahap ini, tugas seorang auditor adalah memeriksa ada tidaknya risiko material dari perusahaan. Informasi dan data yang telah dikumpulkan kemudian akan dianalisa. Hingga nantinya terlihat kesalahan dari laporan keuangan yang berpotensi menimbulkan kerugian pada perusahaan.

Proses yang rumit dari tahap audit ini membuat suatu perusahaan besar harus memiliki lebih dari satu orang auditor, atau mempunyai tim khusus auditor yang memiliki anggota beberapa orang.

Tahap Penyusunan Hasil Evaluasi

Pada Tahap terakhir dari proses audit suatu perusahaan ialah menyusun laporan berisikan hasil evaluasi. Laporan hasil evaluasi audit ini nantinya diserahkan kepada pihak perusahaan.

Isi laporan hasil audit, biasanya juga diberikan beberapa rekomendasi perkembangan yang mungkin bisa diraih perusahaan oleh auditor.

Rekomendasi ini tentunya telah disesuaikan dengan kondisi yang ada di perusahaan dan temuan-temuan yang diperoleh selama proses audit perusahaan dilangsungkan.

Adanya hasil laporan audit terkait keuangan perusahaan ini juga dapat membantu proses pengembangan perusahaan secara lebih tepat.

Tags: No tags